18.3.16

RINGKASAN FILM : BLOOD DIAMOND

RINGKASAN FILM : BLOOD DIAMOND
Chusnul Rizatul Untsa
Mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta



Blood Diamond berlatarkan Afrika pada tahun 1999 dimana terjadi pemberontakan di Sierra Leone oleh RUF (Revolutionary United Front). Diawali ketika Solomon, salah satu korban kekejaman RUF yg disuruh bekerja di tambang berlian, menemukan berlian sebesar ibu jari berwarna merah muda. Ia menyembunyikannya karena tak ingin memberikan berlian itu kepada RUF. Tapi tak lama, seluruh orang di tambang berlian itu termasuk RUF dan penduduk, di penjara oleh pemerintah.

Sementara itu seorang penyelundup, Danny Archer, menjual senjata gelap kepada RUF dan dibayar dengan berlian. Tapi di perbatasan Liberia, Danny tertangkap dan berlian yg ia miliki diambil pemerintah. Danny pun dalam bahaya. Bagaimana pun juga ia harus mendapatkan berlian untuk mengganti rugi berlian yg diambil pemerintah. Mendengar Solomon memiliki sebuah berlian besar merah muda, Danny merayu Solomon untuk mencari berlian tersebut.

Tapi Solo tak mau dirayu semudah itu oleh Danny. Ia memberi syarat Danny harus membantu mempertemukannya dengan keluarganya yg tercerai berai karena perbuatan RUF. Danny pun meminta tolong pada teman jurnalisnya, Maddy, agar mempertemukan Solo pada keluarganya di pengungsian di Guinea. Sayangnya, anak lelaki Solo, Dia, tak ada di pengungsian. Dia telah diambil oleh RUF.

Menepati janji Danny setelah mempertemukan keluarganya, Solo dan Danny pergi ke tambang berlian, ke tempat ia menyembunyikan batu berlian itu. Petualangan mereka pun di mulai. Maddy awalnya tidak ingin membantu Danny. Tapi setelah Danny berjanji akan memberitahukan segala informasi yg dibutuhkan Maddy sebagai jurnalis, Maddy akhirnya bersedia membantunya. Berbagai medan perang pun mereka lewati demi mendapatkan blood diamond, berlian merah muda.

Melalui film ini kita mengetahui bahwa pada jaman itu tak ada artinya sebuah nyawa. Banyak pesan yg bisa kita ambil dari film ini. Cerita dan konflik yg kuat menjadi daya tarik utama film ini. Semua dibuat secara jelas dan terbuka.Melalui film ini kita juga mempunya gambaran lain tentang betapa pedihnya warga negara yang terlunta dan kelaparan di tanah kelahiran penuh kekayaan. Manipulasi yang di ceritakan pun memperlihatkan betapa kejinya para penguasa untuk memeras nyawa yang tidak dihargai lagi oleh mereka. Di cerita ini kita juga belajar hal besar dari sosok Solo yang berani dan bertekad kuat untuk bersatu dengan keluarganya. Harta yang paling besar menurutnya ialah nyawa keluarganya bukan sebongkah berlian yang di perbeutkan antar negara.


0 comments:

Post a Comment