10.3.16

Ringkasan artikel : Karnaval dan Pameran Ulang Sampah



Ringkasan artikel : Karnaval dan Pameran Ulang Sampah

Tri Welas Asih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Siapa bilang sampah sudah tidak bisa dimanfaatkan? Banyak pemikiran bahwa sampah yang ada di sekitar kita tidak bisa dimanfaatkan lagi, yang namanya sampah itu barang yang sudah tidak ada fungsi dan manfaatnya. Banyak individu masyarakat yang kreativitasnya tinggi ternyata berhasil mengubah sampah yang tidak ada nilainya menjadi bernilai sangat tinggi. Kesadaran masyarakat untuk mengolah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat semakin tinggi. Salah satunya banyak bermunculan bank sampah diberbagai tempat bahkan di setiap kelurahan. Fungsi dari bank sampah ini adalah untuk menampung sampah dan kemudian diolah lagi atau di daur ulang menjadi barang yang baru.

Kepedulian masyarakat yang mulai sadar dengan lingkungan terbukti dengan adanya kegiatan karnaval dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2016 di Bantul. Semua peserta karnaval berpakaian dari daur ulang sampah yang sudah di sulap menjadi kostum yang luar biasa bagusnya. Para peserta dengan bangga memamerkan hasil kreativitasnya kepada masyarakat umum. Tujuan dari karnaval ini salah satunya mengajak kepada masyarakat untuk mulai sadar dan pedulu dengan lingkungan sekitar yang bebas dari sampah. Kesadaran itu timbul dengan membiasakan diri disiplin, menjaga kebersihan, kerapian, dan sopan santun. Termasuk membiasakan diri dengan hidup sehat, tidak membuang sampah sembarangan. Karena kebiasan terhadap disiplin, sopan santun dan hidup sehat diharapkan kesehatan masyarakat tetap terjaga.
Selain mengadakan karnaval, pemerintah Bantul juga mengadakan pameran kerajinan dari daur ulang sampah. Berbagai barang terbuat dari sampah, isalnya tas, dompet, hiasan bunga dan berbagai macam barang lainnya. Banyak orang tidak mengira bahwa barang tersebut dihasilkan atau dibuat dari sampah yang tiap saat mereka temui. Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini masyarakat mulai bisa maksimal dalam mengelola sampah secara maksimal.

Sumber tulisan : Jdm (2016). Karnaval dan Pameran Daur Ulang. KR , Senin, 29 Februari 2016.

0 comments:

Post a Comment