3.1.16

"BERJUANG DENGAN MOTIVASI YANG TERJAGA DEMI MENCAPAI CITA-CITA YANG DIIMPIKAN"




BERJUANG DENGAN MOTIVASI YANG TERJAGA DEMI MENCAPAI CITA-CITA YANG DIIMPIKAN

Jati Pramono
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Memutuskan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta tidak terbayangkan dalam pikiran saya saat itu. Berbekal ijazah dari Perguruan Tinggi sebelumnya menghantarkan bisa bekerja di Kota Yogyakarta. Seiring berjalannya waktu aktivitas kerja yang sering pulang malam dengan membuang banyak waktu dan tidak ada aktivitas sama sekali membuat pikiran saya untuk mencari aktivitas yang positif untuk menambah ilmu dan pengalaman.

Saya mencoba browsing internet mencari Perguruan Tinggi yang membuka kelas karyawan pada pukul.18.00 WIB. Saya mendaftar lewat on line kemudian langsung ke Universitas untuk menindaklanjuti proses pendaftaran menjadi mahasiswa UP 45 Yogyakarta. Untuk menambah pengetahuan dan pengalaman kerja, saya mengambil jurusan psikologi. Hal ini dikarenakan karena saya berkecimpung kerja yang banyak menggunakan bidang psikologis karena berhubungan dengan banyak orang.

Bidang psikologi ternyata tidak mudah dan membutuhkan syarat-syarat tertentu untuk dapat ahli antara lain mempunyai sikap empati yang tinggi, lebih banyak menjadi pendengar daripada berbicara, suka membantu orang lain yang lagi kesulitan dan yang tidak kalah pentingnya adalah pandai memahami karakter orang. Ketika pertama kali melihat bangunan dan kelengkapan yang dimiliki UP 45 Yogyakarta, awalnya saya ragu karena sebelumnya pernah sekolah di PTN beberapa tahun lalu yang bangunan dan kelengkapannya memadai sehingga sangat membantu mahasiswa/i untuk berkembang. Seiring berjalannya waktu saya merasakan situasi dan kondisi yang berbeda bersekolah di UP 45 Yogyakarta. Mengapa demikian? Karena dosen UP 45 Yogyakarta perhatian, baik dan bisa diajak musyawarah ketika mahasiswa/i karyawan sedang mengalami kesulitan dan member solusi setiap permasalahan yang dihadapi anak didiknya.

Banyak hal yang saya dapatkan bersekolah di UP 45 Yogyakarta seperti Ilmu psikologi yang bisa membantu saya memecahkan setiap permasalahan yang saya hadapi ketika bekerja, menumbuhkan kreativitas yang selama ini terpendam, mengasah sikap empati dan peduli terhadap sesama, kesesuaian teori dan praktek di lapangan dalam hal bidang psikologi dan masih banyak lagi. Selama 2,5 tahun ini bersekolah di UP45 Yogyakarta ada beberapa hal yang membuat saya tambah maju dan berwawasan, lebih mengenal menulis essai, membuat kliping dan foto yang awalnya berat tetapi setelah dijalani alhamdulilah berjalan lancar juga, menulis dan meringkas artikel untuk dipublikasikan di majalah Move On UP 45 yogyakarta dan sebagainya.

Semua tugas yang diberikan oleh dosen saya lakukan dengan sebaik mungkin demi mendapatkan nilai yang bagus dan masa depan yang gemilang. Amien. Adapun hasil dari prestasi yang sudah saya capai beserta bukti-buktinya terlampir dibawah ini:


1). 12 Agustus 2015 = Menjadi nara sumber di RRI dengan tema : Perlombaan 17-an dan keakraban antar tetangga.
Foto siaran di RRI
12 Agustus 2015

Add caption

2). 16 September 2015 = Menjadi nara sumber di RRI dengan tema : Inovasi dalam meniti karier.
Foto siaran di RRI
16 September 2015


3). Agustus 2015 = Menjadi peserta Lomba Essai Nasional Membangun Generasi Muda Berjati Diri Indonesia yang diselenggarakan oleh Fak. Filsafat UGM Yogyakarta. Judul Tulisan “Memaknai Pendidikan Nasionalisme Indonesia”.
Scan Sertifikat


Dengan alamat URL: http://moveon.psikologiup45.com
4). September 2014 – Agustus 2015 = mendapatkan Bea siswa PPA





Terima Kasih




0 comments:

Post a Comment