9.11.15

Ringkasan Artikel


Sebanyak 5,4 Juta Balita Berstatus Gizi Buruk

Tri Jumiati
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta



Definisi gizi buruk atau malnutrisi adalah suatu bentuk terparah akibat kurang gizi setiap tahunnya. Selain akibat kurang konsumsi jenis makanan bernutrisi yang seimbang, gizi buruk pada anak khususnya usia balita juga bisa disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu yang menyebabkan gangguan pencernaan atau gangguan penyerapan zat makanan yang penting untuk tubuh.

Status gizi pada anak sangat berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang nya. Pada anak yang memiliki status gizi buruk biasanya akan terganggu nya pertumbuhan tubuh secara fisik contohnya anak akan beresiko tumbuh kecil (kerdil).


Gejala umum dari gizi buruk yaitu, sebagai berikut :
  1.      Kulit yang kering dan bersisik
  2.     Gusi bengkak dan berdarah
  3.      Berat badan anak kurang.
  4.      Mudah lelah karena kurang kalori
  5.      Anak jadi sulit berkonsentrasi
  6.       Anak kurang aktif.
  7.      kekebalan tubuh rendah dan sering sakit.
  8.      Pertumbuhan fisik anak lambat.
  9.       Kekuatan otot melemah. Tulang mudah patah
  10.      Dan Terdapat masalah masalah lain pada fungsi organ tubuh anak.


Untuk menangani kasus malnutrisi yang terjadi pada anak dibutuhkan perhatian khusus dari keluarga dan harus adanya kerjasama yang terpadu dan konfrehensif antara orang tua dan petugas kesehatan. Pemeriksaan kesehatan yang harus dilakukan dokter dalam mendiagnosa Gizi buruk pada anak mencakup:

Pemeriksaan berat badan dan tinggi badan anak untuk menentukan Body Massa Index, pemeriksaan darah dan pemiriksaan X-ray untuk mengetahui ada atau tidak nya kelainan-kelainan pada organ tubuh dan kondisi penyakit tertentu yang mungkin berpengaruh terhadap asupan nutrisi pada anak.

Kemudian setelah itu dianjurkan untuk konsultasi pada ahli gizi tentang pengaturan pada pola makan, termasuk pada jenis serta jumlah makanan tertentu untuk mencukupi kebutuhan gizi anak. Kemungkinan juga akan diberikan vitamin dan berbagai suplemen tertentu.

Sumber : UTI. (2015). Kesehatan Anak : Sebanyak 5,4 Juta Balita Berstatus Gizi Buruk. Kompas. 01 Juni. Halaman 13.


2 comments: