14.9.15

Ringkasan Artikel : PERAHU ALUMUNIUM POTENSIAL DIKEMBANGKAN




Terbitan Koran Kedaulatan Rakyat tanggal 15 Maret 2015
Naurmi Rojab Destiya (034)
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Yogyakarta adalah sebuah Provinsi yang dikenal akan budayanya yang kaya dan sebagai kota pelajar. Diperkirakan pendatang baru akan terus bertambah disetiap tahunnya. Hal ini menimbulkan banyak hal positif bagi para pengusaha yaitu membuka usaha baru dan tempat tinggal baru. Namun tanpa terkecuali dampak negative dari bertambahnya penduduk di Yogyakarta adalah masalah sampah. Jika kita berjalan-jalan melewati sungai yang ada di Yogyakarta, akan banyak kita temui sungai-sungai Yogyakarta yang kotor karena sampah. 


Salah satu solusi yang sedang dikembangkan adalah perahu dengan bahan dasar alumunium, yang diperkirakan memiliki potensi besar dikembangkan di sungai-sungai yang ada di Kota Yogyakarta. Ide ini digagas oleh mahasiswa dari UPN Yogyakarta yang bekerja sama dengan Singapore Polytechnic. Setelah diuji coba memang efektif untuk memungut sampah di sungai,” ungkap Ketua II Forum Silaturahim Daerah Aliran Sungai (Forsidas) Gajah Wong, Purbudi Wahyuni di sela uji coba (anonim, 2015)

            Pada kesempatan itu, puluhan mahasiswa dari UPN Yogyakarta dan Singapore Polytechnic juga turut mengamati proses uji coba. Purbudi berharap, keberhasilan Singapura dalam melestarikan sungai dapat diterapkan di Yogyakarta. Perahu alumunium diyakini paling efektif dalam memungut sampah disungai-sungai kota Yogyakarta. Oleh karena itu, diharapkan supaya pemerintah bisa memfasilitasi pengadaan perahu alumunium. Setidaknya, tiap komunitas bisa memiliki satu unit sebagai percontohan. Ketika keberadaan perahu itu bisa menarik wisatawan, maka kepedulian warga untuk menjaga kelestarian sungai dipastikan meningkat.

            Sedangkan pemrakarsa perahu alumunium, Feri Iskandar mengatakan, pihaknya sudah membuat beberapa model perahu. Bahan dasar alumunium sengaja dipilih karena menyesuaikan karakter sungai yang ada di DIY. Perahu itu pun sudah kerap dimanfaatkan di sungai Bedog oleh komunitas setempat.Sehingga diharapkan perahu alumunium ini dapat bermanfaat bagi semua yang memakainya.



Anonym. 2015. PERAHU ALUMUNIUM POTENSIAL DIKEMBANGKAN. Koran Kedaulatan Rakyat tanggal 15 Maret 2015

2 comments:

  1. Bagus mbak Normi. Jika perahu tersebut berhasil diperbanyak lagi bisa untuk membantu para relawan Merti Kali, yang sekarang baru gencar-gencarnya di dilakukan.

    ReplyDelete