22.6.24

Tugas Essay 6: Psikologi Lingkungan - Belajar di TPST Oleh : C.Dian Eka P

DOSEN PENGAMPU : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

NAMA : C.Dian Eka P

NIM : 22310410182

KELAS : SJ

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Mengelola sampah di PPLH Seloliman

PPLH Seloliman didirikan pada tahun 1990 mendapat bantuan dari Switzerland. Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman berada di daerah Mojokerto Jawa Timur

Ini kedua kalinya saya kesana setelah 8 tahun yang lalu. Tahun 2024 ini tahun kedua saya berada ditempat ini.





Banyak kemajuan yang saya rasakan,namun pasca covid banyak juga beberapa sentra yang sudah tidak dibuatkan seperti pengelolaan jamur.

Namun tidak merubah dari tempat yang asri,sekarang ditambah 11  bungalow yang dibangun disana,dengan pepohonan besar yang membuat asri.

Banyak yang bisa dilakukan disini juga dipraktekkan seperti pembuatan jamu,pengenalan tanaman, Recycling sampah dan Pengelolaan Sampah.






Pengelolaan sampah di Seloliman ada sampah organik dan anorganik.Sampah Organik berubah diantaranya berupa.pengelolaan Kompos,sedangkan sampah anorganik berupa recycling sampah seperti proses daur ulang kertas dsb.

PPLH Seloliman Mojokerto membuat tempat Pengelolaan Sampah untuk dijadikan Kompos,yang sudah dipilah antara sampah daun dan sampah basah.

Juga buah-buahan yang sudah tidak layak pakai dibuat  Biopest yang akan menghasilkan mikrobakteria untuk membantu dalam proses pembuatan kompos.

PPLH Seloliman juga telah mengedukasi masyarakat untuk menjadi bijak dalam membuang juga mengolah sampah.

Mari datang ke PPLH Seloliman.


0 komentar:

Posting Komentar