10.6.24

Tugas Essay 4: Psikologi Lingkungan - Melakukan upcycling sampah anorganik & merintis sebagai pengusaha ekonomi sirkuler - Oleh HERLINA TAFLA LUBIS

DOSEN PENGAMPU : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

NAMA :  HERLINA TAFLA LUBIS

NIM : 22310410161

KELAS : SJ

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Sampah anorganik ialah sampah yang tidak dipakai lagi dan sulit terurai, sampah anorganik yang tertimbun ditanah dapat menyebabkan pencemaran tanah, karena anorganik termasuk dalam golongan zat sulit terurai, dan ketika sampah anorganik tertimbun lama di tanah akan menyabkan rusak pada lapisan tanah, akan tetapi kita  belajar bahwa sampah anorganik bisa kita olah secara manual perorangan, dan mudah dilakukan, sampah anorganik  sangat bisa digunakan kembali untuk barang rumah tangga, contoh seperti yang dilakukan saat ini, saya telah membuat tempat sampah kecil untuk di meja kerja dari bahan anorganik. Bahan pokok yang saya ambil ketika saya melakukan plogging, dan before – after yang lalu. Saya telah menemukan sampah bekas kaleng cat. Yang akan saya upcyling menjadi tempat sampah kecil di meja kerja.

Cara mengolahannya : kaleng cat dicuci bersih dengan sabun cair yang hasil dari eksperimen . Lalu saya memakai kuas, dan cat air.

Langkah pertama saya cuci dan keringkan kaleng cat tersebut, kaleng cat saya cat dasar putih, lalu saya hiaskan sesuai keinginan, dengan gambar yang menarik agar ketika di publikasikan menarik dilihat. Saya telah menjual barang inovatif tersebut diharga Rp. 15.000

Saya diamkan 2 minggu . Lalu saya masukan ke dalam sosial media saya, saya iklankan untuk teman agar mereka juga akan menyadari bahwa sampah anorganik bisa digunakan kembali.

Hambatan yang saya alami selama menjual produk tersebut adalah selama 1 minggu masih diam saja belum laku terjual,dilihat saja iklannya belum, dan pada akhirnya terjual juga, saya mengatasinya dengan cara mengubah harga, memberikan promo ongkir untuk pengiriman, dan kalimat iklannya dibuat lebih menarik. 

  Barang inovatif ini bisa digunakan untuk, tempat menaruh sampah di ruang kerja/ belajar, dan  tempat menaruh alat tulis, atau barang barang kecil lainnya guna keperluan rumah tangga.

https://vt.tiktok.com/ZSYBQ4RJA/


0 komentar:

Posting Komentar