22.6.24

ESSAY 7_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH MUHAMMAD IQBAL NUGROHO


MENJADI NASABAH BANK SAMPAH


Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, M. A.


Oleh :



















Nama: Muhammad Iqbal Nugroho

NIM: 22310410143

Kelas: SP

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 

YOGYAKARTA





Permasalahan sampah telah menjadi permasalahan nasional dan menjadi isu penting dalam masalah lingkungan perkotaan. Timbulan sampah tidak akan berkurang atau habis bahkan akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan populasi manusia serta semakin tinggi dan kompleksnya kegiatan manusia. Timbulan sampah yang semakin besar dari hari ke hari akan mengurangi ruang dan mengganggu aktivitas manusia sehingga tujuan manusia untuk meningkatkan kualitas hidup justru membuat kualitas hidupnya menurun karena permasalahan timbulan sampah (Saputro dkk, 2015).

Dengan demikian tentunya perlu kesadaran dari para masyarakat untuk lebih memperhatikan sampah yang ada di lingkungan sekitarnya, adapun salah satu caranya dengan mendirikan bank sampah.

Selomo dkk, 2016 menjelaskan bahwa bank sampah adalah salah satu strategi penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dalam pengelolaan sampah pada sumbernya di tingkat masyarakat dengan pola insentif ekonomi. 

Selain itu, dengan adanya bank sampah ini tentu akan membantu pertumbuhan ekonomi dalam lingkungan tersebut. Selain menjadikan lingkungan lebih bersih, tentunya dengan pemilahan sampah yang baik dan benar akan membantu pertumbuhan ekonomi dengan baik di lingkungan tersebut. Selain itu, dengan adanya bank sampah ini memberikan output nyata bagi masyarakat sekitar karena dapat membuka lapangan kerja bagi para anggotanya dan masyarakat umum jika bank sampah tersebut dapat dikelola dengan baik.

Saya menjadi salah satu nasabah bank sampah di Kadirojo lestari, yang berdiri dari tahun 2022. Bank sampah ini berawal dari kesadaran ibu-ibu terkait sampah yang ada di sekitarnya, selain itu agar mengurangi sampah yang ada di sekitar tempat tinggal para ibu-ibu tersebut. Adapun anggota dari bank sampah anggota lestari adalah ibu-ibu RT 04 dengan jumlah anggota kurang lebih sebanyak 50 anggota. Kemudian dalam bank sampah Kadirojo lestari dilakukan pengumpulan sampah selama 1 bulan sekali dengan jenis sampah seperti botol bekas, kardus, minyak jelantah, besi, kaleng bekas dan masih banyak lagi. Dalam sekali pengumpulan sampah bank sampah kadirojo lestari mendapatkan omset sebanyak 150.000-200.000 rupiah dan sekali setor sebanyak 100 kg sampah yang terkumpul. 

Bank sampah kadirojo lestari juga melakukan kegiatan pemilahan sampah organik dan memproses sampah organik tetapi hal tersebut belum berjalan sempurna karena banyak dari anggota kadirojo lestari merupakan ibu rumah tangga yang menjadi wanita karir juga. 

Sehingga pengelolaan sampah organik masih belum berjalan dengan baik, tetapi pengelolaan tersebut akan digerakkan dan dijalankan sesuai dengan harapan dari bank sampah kadirojo lestari. 



























Adapun jajaran pengurus didalam kadirojo lestari antara lain yaitu:

Ketua : Ibu Misdati

Wakil : Ibu Pangesting Wiharti

Sekretaris : Ibu Samsiyasih

Benda raga : Ibu Dewi Lestari

Penanggung Jawab : Ibu Wanti



Kemudian adapun saya melakukan menjadi salah satu nasabah dari bank sampah yang saya lakukan antara lain:

  1. saya melakukan penyetoran sampah berupa kardus yang dilakukan pada tgl 8 Mei 2024 adapun sampah yang dapatkan berjumlah 1 kg. 

  2. saya melakukan penyetoran sampah berupa kardus yang dilakukan pada tgl 8 Juni 2024 adapun sampah yang dapatkan berjumlah 1 kg. 


Daftar pustaka


https://media.neliti.com/media/publications/212842-bank-sampah-sebagai-salah-satu-solusi-pe.pdf


https://journal.unnes.ac.id/nju/ijc/article/download/5162/4194



0 komentar:

Posting Komentar