10.6.24

ESSAY 7 : Psikologi Lingkungan_Nasabah Bank Sampah_Oleh Rizky Liana Dewi

  MENABUNG DI BANK SAMPAH SRIKANDI MANDIRI GUNUNGKIDULTUGAS MATA KULIAH PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Dosen Pengampu : Dr.,Dra.ARUNDATI SHINTA MA

Oleh : Rizky Liana Dewi ( 22310410171) 

Kelas : SP

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 

YOGYAKARTA

Bank sampah merupakan suatu tempat/lembaga untuk pengumpulan sampah yang sudah dipilah. Dimana masyarakat atau nasabah dapat menabung sampah dan mendapatkan uang. Tujuan utama dibentuknya bank sampah adalah sebuah usaha atau cara untuk menumbuhkan kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli dengan sampah  dan bisa mendapatkan manfaat ekonomi dari sampah.

Pada tanggal 7 juni 2024 saya berkesempatan berkunjung dan menjadi nasabah bank sampah Srikandi Mandiri yang beralamatkan di Tawarsari rt06 rw18, Wonosari,Kabupaten GunungKidul,DIY. Bank Sampah Srikandi Mandiri ini berdiri sejak tahun 2019 yang saat ini menjadi salah satu kelompok swadaya masyarakat yang paling aktif dikalurahan wonosari. Bank Sampah srikandi mandiri saat ini berjalan dengan dianggotai 9 orang pengurus dan 300 nasabah.

Awal mula berdirinya Bank Sampah Srikandi mandiri ini dikarenakan adanya kesadaran masyrakat yang sangat prihatin atas kondisi limbah dan sampah rumah tangga yang semakin mengganggu,dan seiring dengan berjalannya waktu perkembangan Bank sampah Srikandi Mandiri saat ini mempunyai program yaitu Tabungan sampah dan Sedekah sampah.Tabungan sampah merupakan hasil dari pengolahan sampah nasabh yang akan dikembalikan kepada nasabah. Selain itu juga bank sampah srikandi mandiri mampu membantu dan menyelesaikan masalah sampah dan limbah rumah tangga di wilayah kalurahan wonosari.

Bank Sampah srikandi mandiri menerima semua jenis sampah kering kecuali pakaian. Adapun mekanisme dari bank sampah Srikandi mandiri adalah yang pertama nasabah diminta untuk memilah sampah yang akan disetorkan dari rumah, yang kedua sampah dibawa langsung atau akan diambil oleh pihak bank sampah pengambilan sampah dilakukan 1x dalam seminggu yaitu hari minggu, yang ketiga sampah akan ditimbang per 1kg sampah akan dihargai rp 100, yang keempat hasil timbangan dicatat dibuku tabungan, dan yang terakhir sampah akan disalurkan petugas bank sampah ke proses daur ulang. Namun ada beberapa sampah juga yang dijadikan kerajinan oleh petugas.

Contoh kerajinan tangan yang dibuat :

        

Selain itu Bank sampah srikandi Mandiri juga mengolah sampa menjadi kompos dan ecoenzym

Dengan menjadi nasabah di Bank sampah Srikandi Mandiri saya menjadi mengerti bahwa Bank sampah mempunyai manfaat bagi lingkungan dan manusianya seperti membuat lingkugan lebih nyaman dan bersih, menyadarkan masyarakat pentingnya mengolah sampah dan membuat sampah menjadi barang yang ekonomis.

DOKUMENTASI










0 komentar:

Posting Komentar