7.5.24

Tugas Essay 3: Psikologi Lingkungan - Before After - Oleh Laora Atrhamevia Viranezy

 Nama: Laora Arthamevia Viranezy

NIM: 22310410148

Prodi: Psikologi-SJ


Mata Kuliah: Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

TUGAS ESAI 3 (Before-After)


Screenshot_20240506-184141_Gallery


Lokasi : Sungai winongo, Bangunrejo Yogyakarta


    Sebelum melakukan kegiatan before after, saya menentukan tempat yang akan saya gunakan sebagai tempat before after serta melakukan survei mengenai tempat tersebut. Selain itu, saya juga memastikan semua peralatan dan perlengkapan yang saya perlukan sudah tersedia, seperti sarung tangan, alat pengumpul sampah, dan wadah untuk menyimpan sampah. Membersihkan sungai merupakan tindakan penting untuk menjaga ekosistem air yang sehat dan kehidupan akuatik. 


    Kegiatan before after pertama saya lakukan setelah sungai surut dari banjir. Tidak terlalu banyak sampah yang ada disungai tersebut, sampah sampah yang berada di pinggir sungai telah hanyut terbawa banjir, hanya tersisa sampah daun kering yang berjatuhan dari pohon serta beberapa bambu yang tersangkut. Namun saat kegiatan kedua, saya menemukan lumayan banyak sampah yang tersangkut serta mengapung dipinggir sungai. Sampah sampah yang saya temukan kebanyakan dari sampah bungkus sabun cuci, sampah botol shampo, botol air mineral serta sampah dari warga yang kemungkinan sengaja dibuang ke sungai. Bisa dikatakan kemungkinan sengaja dibuang oleh warga ke sungai dikarenakan sampah mengapung berada dalam plastik kresek yang memang sudah dijadikan satu. Saya melakukan kegiata before after ini selama kurang lebih 90 menit disetiap sesinya. 


    Setelah sampah terkumpul, saya melakukan pemilihan sampah yang bisa di daur ulang seperti sampah botol air mineral serta sampah plastik dari bungkus sabun. Saya membiarkan sampah sampah yang sudah saya pilih itu menjadi kering terlebih dahulu sebelum saya bawa ke tempat daur ulang sampah menjadi ecobrik di lingkungan dekat rumah dan sisa sampah lainnya saya bawa ke tempat pembakaran sampah yang berada dekat juga dari rumah. Sampah sampah itu dipilah kembali oleh petugas sebelum dilakukan pembakaran. 



20240506_160457
Before

20240506_161225
After

    Kesimpulan yang saya ambil dari kegiatan ini adalah masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah disungai dan tidak memperhatikan keekosisteman air sungai. Pesan nya jangan membuang sampah disungai agar ekosistem air tetap terjaga kebersihan serta kesehatannya, agar tidak mencemari sungai serta menciptakan keindahan sungai yang asri dan enak dipandang. Buanglah sampah dengan benar agar lingkungan kita tetap sehat.


0 komentar:

Posting Komentar