28.12.23

ESAII 6 (PERUBAHAN DIRI DIMULAI DARI HAL TERKECIL)


 Nama                          : SYLVIA ANGGRAENI

NIM                          : 21310410027

Kelas                        : Karyawan SJ

Mata Kuliah              : Psikologi Inovasi

Tugas                       : Esai ke - 6 ( Melakukan Perubahan Diri )

Dosen Pengampu    : Dr., Arundati Shinta, M.A


Aktifitas fisik yang tidak memadai dan pola hidup yang tidak sehat akan menimbulkan banyak masalah di masa depan. Rendahnya aktifitas akan menimbulkan tingginya kasus obesitas yang memang dapat menimbulkan penyakit yang beresiko kematian. Dimana perlu adanya perubahan diri setiap individu untuk mencapai suatu hal yang sangat bermanfaat untuk saat ini ataupun masa tua kelak.

Perubahan diri adalah adanya suatu kepercayaan atau kebiasaan baru yang memang mengambil tempat yang bersamaan dengan kebiasaan atau kepercayaan lama. Dan ketika kebiasaan baru ini menjadi lebih kuat biasanya akan memberi cara berbeda untuk berfikir, merasa dan bertindak ( Dweck , 2006, p.363)

Perubahan diri bisa dimulai dengan perubahan kecil. Seperti berjalan kaki. Dimana program berjalan kaki ini dapat menurunkan resiko penyakit yang mematikan di masa yang akan datang. Kegiatan ini sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, fungsi otak , menghilangkan stress dan obesitas.

Pada saat ini banyak orang yang memiliki gaya hidup yang kurang baik, terutama dalam pola makan, istirahat , dan olahraga. Dimana hal yang penting dilakukan untuk menjaga Kesehatan kita adalah dengan berolahraga, dimana olahraga yang bagus untuk merangsang otot-oto dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Dimana tubuh akan terasa lebih segar dan otak sebagai pusat syaraf pun akan bekerja menjadi lebih baik. Selanjutnya manfaat olahraga sendiri itu adalah untuk menguatkan struktur tulang, menyehatkan organ tubuh khususnya organ jantung dan mampu menurunkan Tingkat stress.

Tabel 1. Laporan Kemajuan Kegiatan Olahraga Jalan Kaki

M

1

2

3

4

5

6

7

8

W

15

20

25

30

40

50

60

70

J

1

1,2

1,5

1,8

2

2,1

2,4

3

Tabel 1. Laporan Kemajuan Kegiatan Olahraga Jalan Kaki

Ket :

M = Minggu

W = Waktu (menit)

J = Jarak (KM)

 

Grafik 1. Laporan Kemajuan Kegiatan Olahraga Jalan Kaki


Ketika melakukan suatu kegiatan olahraga awalnya pasti akan sangat tidak menyenangkan akan tetapi suatu perubahan akan menghasilkan sesuatu yang baik untuk masa depan yang penting adalah konsisten. Untuk perubahan diri sendiri saya melakukan olahraga ringan yang berupa jalan kaki, dimana awal mula saya terpikir olahraga ini karena saya merasa akhir-akhir ini tubuh saya gampang capek dan olahraga yang menurut saya murah dan bisa dilakukan kapan saja adalah olahraga jalan kaki ini. Saya memulai olahrga dari tanggal 15 oktober dengan target olahraga ini adalah 8 minggu.

Pada table 1 dan grafik 1 saya menunjukan laporan kemajuan kegiatan perubahan diri pada diri saya, awalnya saya merasa malas akan tetapi dengan konsisten alhmdulilah saya bisa membuktikan bahwa saya bisa melakukannya. Olahraga ini saya lakukan didekat rumah dan mulai dari 15 menit sampai akhir ke 70 menit dan bisa menempuh jarak dari 1 km sampai akhir adalah 3 km.

Hasil dari program ini saya merasa badan saya jadi lebih enak dan tidak mudah untuk lelah.


Referensi 

Darmawati, I., Setiawan, A., & Fitriyani, P. (2020). PENERAPAN PROGRAM BERJALAN KAKI DAN BERSEPEDA KE SEKOLAH PADA ANAK USIA SEKOLAH DI KOTA DEPOK. Jurnal Pendidikan Olah Raga9(2), 181-191.

Pane, B. S. (2015). Peranan olahraga dalam meningkatkan kesehatan. Jurnal pengabdian kepada masyarakat21(79), 1-4.












0 komentar:

Posting Komentar