4.10.23

MERINGKAS JURNAL Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan

 MERINGKAS JURNAL

Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan

Essay 2 Psikologi Inovasi

Meme Normasari

NIM : 21310410088

Kelas Reguler / Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



TOPIK

Disiplin Dan Motivasi Kinerja Karyawan

SUMBER

Wahyudi, M. (2019). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 2(3), 351-360.

PERMASALAHAN

Upaya untuk terciptanya kondisi kerja yaitu dengan disiplin kerja. Fenomena yang ditemui manajer Bank Syariah BCA menyadari bahwa pegawai Bank Syariah BCA menunjukkan kedisiplinan kerja yang masih rendah.

TUJUAN PENELITIAN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan motivasi kinerja pada karyawan.

LANDASAN TEORI

a.    Simamora (2006), disiplin merupakan salah satu bentuk sistem kerja yang membantu pimpinan untuk mengorganisasikan pegawai, mengoreksi, dan menindak pelanggaran.

b.    Davis (2003), disiplin merupakan ketentuan yang memiliki nilai-nilai kerja, sehingga baik pimpinan maupun pegawai wajib melaksanakannya.

c.    Hidayat dan Taufiq (2012), disiplin berkontribusi terhadap pencapaian kinerja.

d.    Sidanti (2015), seseorang dengan motivasi yang baik memiliki karakteristik kerja gigih dan tangguh, sehingga mencerminkan konsep kerja professional.

e.    Nawawi (2005), motivasi kerja mengikis perasaan malas, mengabaikan kendala, mematahkan opini negatif, dan membuktikan kemustahilan.

METODE

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan diukur dengan variabel disiplin dan motivasi kerja. Kemudian hasil penelitian akan dijabarkan sebagai pendekatan untuk mengungkapkan fakta penelitian. Diketahui jumlah karyawan PT Bank BCA Syariah sebanyak 52 karyawan, maka ditetapkan teknik sebaran kuesioner secara survey atau sensus. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert.

HASIL

Dalam analisis deskriptif dikemukakan disiplin pegawai sudah baik terutama dalam hal kehadiran dan kepatuhan terhadap pimpinan. Namun, beberapa hal yang perlu diperbaiki yaitu,

a.  Kesadaran berdisiplin

b.  Tingkat kepatuhan

c.   Pemahaman disiplin

Bagi karyawan sikap dan kepedulian pimpinan berpengaruh terhadap penguatan mental di dalam kesehariannya dalam bekerja. Selain itu kepercayaan diri dan dinamika karyawan untuk selalu memiliki alasan yang kuat untuk bekerja setiap harinya.

Secara simultan disiplin dan motivasi memiliki arah pengaruh linear, dengan nilai kontribusi sebesar 0.621. Artinya, jika para karyawan didorong untuk berperilaku disiplin dalam setiap aktivitas kerja, disertai dengan rasa senang dan semangat maka kinerja akan tercapai

KESIMPULAN

a. Berdasarkan perhitungan statistik disiplin kerja memiliki tingkat pengaruh yang baik terhadap kinerja dengan nilai kemungkinan sebesar 0,498.

b. Variabel motivasi, memiliki tingkat kemungkinan mempengaruhi kinerja sebesar 0,448.

c. Uji statistik determinasi menunjukkan nilai kontribusi sebesar 0,621.


0 komentar:

Posting Komentar