30.10.23

ESSAY 4 PERILAKU INOVASI

 

ESSAY 4 PERILAKU INOVASI

PSIKOLOGO INOVASI

Tugas 4 Mengubah Limbah Kain Pabrik Menjadi Hiasan Meja


Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Nama : Deriska Indah Asokawat

Nim : 21310410010

Prodi : Psikologi Sj

 

 

Sampah dan limbah anorganis seperti plastik dan kain merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang tidak bisa dinafikan adanya. Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut sulit untuk diuraikan oleh mikroba dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Kain perca merupakan kain sisa guntingan yang berasal dari pembuatan pakaian atau produk garmen lainnya. Limbah jenis kain perca ini cukup banyak ditemukan karena banyaknya industri konveksi yang mulai menjamur baik dalam skala kecil maupun skala besar.

Limbah anorganik dari kain perca memberikan beberapa dampak yang cukup serius bagi lingkungan dan kesehatan apabila tidak ditangani dengan baik. Dampak buruknya antara lain, dapat merusak biota didalam tanah dalam jangka waktu tertentu dan kain perca yang dibakar akan menghasilakan emisi gas rumah kaca. Meningkatnya kuantitas emisi gas rumah kaca diyakini menjadi penyebab pemanasan global dan berpotensi mengancam kehidupan manusia serta keseimbangan ekosistem.

Salah satu alternatif solusi untuk mengurangi limbah kain perca tersebut sekaligus cara untuk mendukung program 3R dari pemerintah adalah pemanfaatan limbah kain perca menjadi suatu kerajian tangan yang berguna dan mempunyai nilai jual. Pengolahan dan pemanfaatan limbah kain perca menjadi kerajian tangan juga dapat meningkatkan kreativitas dan mempunyai nilai estetika.

Limbah anorgani dari kain perca salah satunya bisa dibuat menjadi hiasan meja berbentuk bunga yang mempunyai nilai estetika. Saya mencoba membuatnya dengan memanfaatkan kain perca dan cup ice cream.



Bahan yang diperlukan :

1.     1.Kain perca

2.   2.   Lem

3.   3.    Gunting

4.   4.    Sedotan

5.   5.    Cup ice cream

Cara pembuatan :

1.    1.  Gunting kain perca menjadi persegi Panjang dengan ukuran yang sama.

2.   2.    Buat gutingan persegi Panjang tadi menjadi bentuk segitiga dengan melipat ujung dari persegi Panjang. Lipat ujung persegi Panjang sebanyak 2x dan lem seriap ujungnya.

3.   3.    Sambungkan beberapa segitiga tersebut menjadi Panjang.

4.    4.   Lalu ambil sedotan untung menjadi batangnya.

5.    5.   Lilitkan kain segitiga Panjang tersebut ke sedotan dengan bentuk memutar dan seseuaikan sampan membentuk bunga.

6.    6.   Buat menjadi beberapa bunga untuk memenuhi cup ice cream.

 

Pemanfaatan limbah ini bisa dijual dibeberapa e-comers ataupun dijual ditoko. Banyak akses untuk menjual hasil pemanfaatan limbah ini agar dapat mengurangi sampah yang ada. Saya memanfaatkan sosial media Instagram untuk menjual hasil karya saya.

https://www.instagram.com/p/CzAj1VOy9sV/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==

 

 

0 komentar:

Posting Komentar