20.4.23

TUGAS REVIEW JURNAL TPS

 


Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Di susun oleh: Inge Zukhruf Warohmah  (22310420041)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

TOPIK

Etika lingkungan, kesadaran lingkungan, mahasiswa

SUMBER

Saputra, A.Robi, Sueb.(2020). Hubungan Etika Lingkungan Dan Kesadaran Lingkungan Mahasiswa Universitas Negeri Malang. JURNAL PSIKOLOGI JAMBI,VOL.05, NO. 01, JULI 2020 : 31-36

PERMASALAHAN

Munculnya masalah lingkungan hidup karena adanya masalah moral dan prilaku manusia sementara etika lingkungan hidup berhubungan dengan    perilaku manusia. Kerusakan lingkungan yang terjadi menimbulkan kesadaran lingkungan sehingga menyebabkan partisipasi manusia junga dalam menangani kerusakan lingkungan.

TUJUAN PENELITIAN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara etika lingkungan dengan kesadaran lingkungan yang terjadi pada mahasiswa.

ISI

etika lingkungan berhubungan dengan prilaku manusia dan prilaku manusia tersebut adalah salkah satu hal yang menyebebkan kerusakan lingkungan.  Kerusakan lingkungan hidup semakin hari semakin parah seperti pemanasan global, penipisan lapisan stratosfir ozon, pencemaran laut dan sungai, kebisingan dan polusi cahaya, hujan asam dan desertifikasi. Hal ini  yang menimbulkan keprihatian masyarakat yang memicu kesadaran lingkungan di dalam masyarakat olehkarena itu peneliti ingin meneliti hubungan antara etika lingkungan dengan kesadaran lingkungan pada mahasiswa

METODE

Metodelogi penelitian kuantitatif deskriptif dengan tehnik pengambilan sample yaitu random sampling dengan total 30 orang. Menggunakan skala etika lingkungan dan kesadaran lingkungan. Data yang diperoleh sebelumnya diuji Kolmogorov-Smirnov dan uji linieritas.

HASIL

Hasil uji normalitas data etika lingkungan dan kesadaran lingkungan menggunakan Kolmogrov-Smirnov  Test diperoleh  nilai  signifikansi  sebesar  0,200> 0,05. Uji linieritas didapatkan hasil 0,693   >   0,05. Data dianalisis menggunakan metode regresi linier sederhana,  sehingga  diperoleh  signifikansi sebesar  0,100 sehingga hipotesis di tolak atinya tidak terdapat hubungan antara etika lingkungan dengan kesadaran lingkungan pada mahasiswa.

DISKUSI

Etika  lingkungan  merupakan  usaha manusia  dalam menentukan sikap baik dan buruk terhadap lingkungannya, sementara Kesadaran     lingkungan dipandang sebagai usaha dalam menumbuhkan kesadaran  tiap  individu  untuk  melestarikan agar  hidup  selaras  dan  damai  dengan  alam. kesadaran lingkungan tidak hanya dipengaruhi  oleh  faktor  endogen  saja  tetapi juga    dipengaruhi    oleh    faktor    eksogen (situasi).  Penyebaran  kesadaran  lingkungan dapat  dibedakan  menjadi  tiga  sektor  sosial yaitu  pro lingkungan,  menyebar  dan  tidak pro lingkungan. Hal ini berarti etika lingkungan merupakan salah satu factor yang mempengaruhi kesadaran lingkungan sementara kesadaran lingkungan itu sendiri dapat di pengaruhi faktor lain selain etika lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar