21.4.22

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan


Psikologi Industri dan Organisasi
Semester Genap T.A 2021/2022
Untuk Memenuhi Tugas Esay 1
Sebagai Syarat Untuk Mengikuti Ujian Mid

Oleh:
Ahmat Ramadanil (21310410077)
Kelas A (Reguler)

Dosen Pengampu:
Dr. Arundati Shinta, M.A.
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Menurut Prof. Dr. Moeheriono, M.Si. dalam bukunya yang berjudul “Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi”kinerja karyawan adalah merupakan hasil kinerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau kelompok orang dalam suatu organisasi baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif, sesuai dengan kewenangan, tugas, dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya mencapai tujuan organisasi bersangkutan secara legal, tidak melanggar hukum, dan sesuai dengan moral ataupun etika. Seluruh kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan bisnis perusahaan atau organisasi merupakan bentuk  kinerja. Peran karyawan sangat penting terhadap sukses atau tidaknya perusahaan. Perusahaan dalam hal ini perlu memantau kinerja setiap karyawannya apakah mereka sudah melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai harapan. Penilaian kinerja ini sangat penting untuk menentukan apakah perusahaan akan terus melakukan kerja sama dengan karyawan jika kinerjanya baik. Atau sebaliknya memutus hubungan kerja jika performa karyawan tidak sesuai harapan.

Beberapa faktor penting yang mempengaruhi kinerja karyawan sebagai berikut :

1. Sikap Disiplin
Salah satu hal penting dalam menjaga konsistensi kinerja karyawan adalah sikap disiplin. Kedisiplinan karyawan sangat diperlukan demi kelancaran bisnis perusahaan. Setiap karyawan diharapkan memiliki sikap disiplin untuk mengikuti aturan perusahaan dan melaksanakan tugas masing-masing. Perusahaan sendiri dapat membuat kebijakan yang akan memengaruhi sikap disiplin karyawan.

2. Motivasi Kerja
Motivasi merupakan dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Motivasi setiap karyawan tentu saja berbeda-beda. Ada karyawan yang termotivasi untuk bekerja demi uang agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Ada juga yang termotivasi dengan jabatan tinggi.

3. Kompensasi atau Insentif
Salah satu yang akan cukup mempengaruhi kinerja karyawan adalah Kompensasi. Kompensasi bisa diberikan dalam bentuk bonus yang akan meningkatkan kinerja. Iming-iming kenaikan jabatan juga akan membuat karyawan memperbaiki kinerjanya. Selain sebagai penghargaan untuk karyawan yang bekerja sangat baik, hal ini juga diharapkan dapat memacu karyawan lain untuk bekerja lebih baik lagi.

4. Gaya Kepemimpinan
Karyawan yang memiliki pemimpin baik biasanya akan memberikan performa yang baik juga. Gaya atasan dalam memimpin karyawannya akan sangat memengaruhi kinerja perusahaan maupun karyawan. Gaya kepemimpinan yang baik adalah dengan mengayomi karyawannya untuk dapat menyelesaikan tugas masing-masing tanpa memberi tekanan yang berlebihan.

5. Lingkungan Kerja
Faktor lain yang akan mempengaruhi kinerja pegawai atau kinerja karyawan adalah lingkungan kerja. Lingkungan kerja yang bersih dan nyaman akan membuat suasana hati karyawan tenang dan bisa lebih fokus dalam pekerjaannya. Ketersediaan peralatan kerja yang lengkap juga membuat performa karyawan lebih maksimal. Perusahaan juga perlu memperhatikan kesehatan dan keamanan karyawannya dengan menyediakan lingkungan kerja yang menyenangkan dan sesuai kebutuhan.

6. Gunakan Talenta HRIS Untuk Kelola Performa Kinerja Karyawan
Kinerja karyawan harus didukung dengan manajemen yang efisien. Sebagai solusi HRIS terbaik, Talenta merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi mitra teknologi Anda. Produk HRIS dari Talenta dilengkapi dengan fitur-fitur yang praktis termasuk payroll software maupun aplikasi absensi online yang dapat membantu tim HR untuk mengumpulkan data secara real time dan validitas data yang dikumpulkan bisa lebih tinggi. Salah satunya adalah Attendance by Talenta. Aplikasi berbasis android yang dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store ini siap memberikan kebutuhan absensi untuk usaha kecil Anda. Dilengkapi dengan fitur live attendance dengan GPS, HRIS software, roster shift kerja karyawan, dan juga assign tugas dengan mudah.


Faktor-faktor tersebut sangat penting untuk diperhatikan agar kinerja tidak mengendur demi kelancaran bisnis perusahaan.


Daftar Pustaka
Poppy, 2020. " Faktor Penting yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Atau Kinerja Karyawan " ,
https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/kinerja-karyawan-dan-faktor-faktor-yang-memengaruhinya/#:~:text=Pengertian%20Kinerja%20Pegawai%20Atau%20Kinerja%20Karyawan%20Adalah,-Berikut%20ini%20adalah&text=Seluruh%20kegiatan%20yang%20dilakukan%20untuk,terhadap%20sukses%20atau%20tidaknya%20perusahaan, diakses pada tanggal 21 April 2022 pukul 10.17 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar