7.1.22

Senja: Arti dari Kata Melepaskan dan Ikhlas

Putri Wulandari (19310410067)

Tugas Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu:Dr.Arundati Shinta,MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

"Jangan lupa bahwa sunset yang indah butuh awan yang menghitam" Paulo Coelho

Sunset di Pantai Dato, Majene. Pantai Dato merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat digemar oleh masyarakat di Majene, Sulawesi Barat. Pantai yang dikenal dengan pemandangan khas pasir putih dan tebing karang itu terletak di Lingkungan Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur.

Kalimat diatas merupakan kutipan dalam postingan lomba yang saya ikuti.


            Dijelaskan oleh Pusat Penelitian Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), senja adalah terjadi hingga langit benar-benar menjadi gelap. Dalam ilmu astronomi, fenomena senja adalah bagian dari aram atau lembayung, atau twilight (dalam bahasa Inggris) (dalam Liputan6.com). Aram adalah masa waktu ketika masih ada cahaya alami yang dipancarkan di langit yang langsung menerima sinar Matahari dan memantulkannya sebagian ke permukaan Bumi pada waktu senja dan fajar sedangkan Matahari sudah atau masih berada di bawah pandangan cak rawala atau ufuk
            Filosofi tentang senja yaitu merupakan arti kata melepaskan dan ikhlas, yang dimana merupakan moment lepasnya siang dan mengikhlaskannya adalah sebuah silosofi yang nyata dalam dunia nyata pula. Menyongsong datangnya malam tentu harus disertai dengan ikhlasnya kehilangan sang siang. Dalam hidup, proses melepaskan dan mengikhlaskan pastinya sering ditemui entah dalam hubungan percintaan, keluarga hingga pekerjaan.
        Senja mengajarkan kita arti sebuah rasa syukur bahwa semua yang kita punya pasti akan hilang.segi materi maupun fisik lama kelamaan akan segera usai termakan oleh waktu sama halnya dengan senja yang akan usai termakan oleh hadirnya sang malam.
            Melepaskan adalah sesuatu yang indah. Sesuatu yang akan digantikan dengan lebih baik, pada orang yang pantas kita cintai. Hidup ini akan terus berputar, tak selamanya kita merasakan kepedihan, kesakitan dan patah hati. Dan ketika perasaan sesak itu kian menyakitkan, baiknya kita cepat-cepat mencari kebahagiaan dari sisi yang lain.
        Berbuat ikhlas atau mengikhlaskan perbuatan, secara psikologis berarti melakukan perbuatan dengan benar dalam arti sesuai dengan prosedur yang lazim, logis, dan sesuai dengan tujuannya.

Sumber-sumber:
Syah, Muhibbin. 2017.  Psikologi Ikhlas. Artikel Online. https://buanaindonesia.co.id/jabar/psikologi-ikhlas/ (diakses pada 7 Januari 2022)

Tysara, Laudia. 2021. Fenomena Senja adalah Waktu Terbenamnya Matahari hingga Gelap, Ketahui Pembagiannya. Artikel Online. https://hot.liputan6.com/read/4832230/fenomena-senja-adalah-waktu-terbenamnya-matahari-hingga-gelap-ketahui-pembagiannya (diakses pada 7 Januari 2022).





0 komentar:

Posting Komentar