7.1.22

Menikmati Ketenangan dalam Indahnya Senja

 

Menikmati Ketenangan dalam Indahnya Senja

Ganjar Dwi Lestari (19310410012)

Tugas Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu:Dr.Arundati Shinta,MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45



Jika alam menyuguhkan pemandangan, Lalu semesta menyuguhkan keindahan. Lantas apa yang membuat nyaman, jika keyakinan sudah tak lagi diperjuangkan.Suasana Laguna yang damai seakan menghilangkan hiruk pikuknya kota Yogyakarta.Dengan suasana laguna yang jauh dari kota Yogyakarta membuat suasana baru otak menjadi lebih fresh.

Lokasi:Laguna Pantai Depok,Bantul,Yogyakarta

Kalimat diatas merupakan kutipan dalam postingan lomba yang saya ikuti.Menikmati ketenangan dalam indahnya senja begitu sangat menenangkan ditambah keadaan laguna yang tidak terlalu ramai suasana begitu tenang.

Salah satu keindahan alam semesta yang paling nyata adalah keindahan senja ketika sore hari,Suasana pantai juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental diantaranya:

1.   Warna biru laut dan langit, yang terkait dengan ruang terbuka dan cakrawala luas, menginspirasi ketenteraman dan ketenangan.Warna biru laut erat kaitannya dengan nuansa tenang dan damai. Terlebih suara deburan ombaknya ternyata mampu mengaktifkan sistem saraf, sehingga membuat kita lebih rileks. Hal inilah yang orang rindukan setelah menjalani hari-hari yang penuh tekanan.Saat berada di pantai, kita cenderung merasa mengantuk. Tapi keesokan harinya, Anda akan memiliki jumlah energi yang luar biasa.Alasannya adalah karena pergi ke pantai melepaskan hormon yang baik dalam tubuh seperti serotonin. Ini akan memberikan dorongan energi dan mendorong pemikiran positif.

2.     Efek Bioklimat

Ada cabang kedokteran yang disebut klimatoterapi yang mempelajari efek bioklimat yang berbeda pada tiap manusia.Menurut sebuah penelitian oleh University of Milan, iklim kelautan, ditandai dengan peredaran udara dan radiasi ultraviolet yang kuat sepanjang tahun.Hal ini sangat baik untuk saluran pernapasan, tetapi tidak cocok untuk mereka yang menderita sakit kepala karena tegang otot.Bioklimat di daerah pantai bersifat sedatif, menenangkan, dan membantu memulihkan dari beberapa penyakit termasuk serangan jantung, alergi musiman dan bahkan sakit syaraf seperti depresi.

3.     Udara di pantai sangat jauh dari ion negatif. Hal ini tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh tapi juga membantu menyeimbangkan kadar serotonin.Sinar matahari dapat mengandung vitamin D yang membantu mencegah penyakit autoimun. Air laut juga mengandung mineral dan senyawa lain yang meningkatkan kekebalan tubuh dan membersihkan tubuh dari racun. Sinar matahari di pantai juga bagus untuk psoriasis.aparan sinar matahari selama kulit tetap terlindungi dengan tabir surya, benar-benar bermanfaat bagi tubuh manusia.Sinar matahari yang terpapar pada kulit memicu produksi vitamin D yang meningkatkan penyerapan kalsium. Vitamin D sangat penting bagi manusia saat memasuki hari tua.


Sumber: https://www.liputan6.com/health/read/3884974/5-alasan-ilmiah-suasana-pantai-baik-untuk-kesehatan-mental diakses pada 7 Januari 2022

 








0 komentar:

Posting Komentar