4.1.22

Mencari Ketenangan Di Atas Ketinggian

 

Mencari Ketenangan Di Atas Ketinggian

Erlyna Rahma Sari (19310410084)

Tugas Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Menjalankan rutinitas yang padat setiap harinya, bekerja hingga lembur dan tugas yang tidak ada henti, sering kali membuat individu merasa tertekan, stres, dan gelisah. Ditambah bisingnya suasana kota yang macet dan polusi udara dimana-mana, sulit menemukan ketenangan untuk sekedar releksasi, menghirup udara segar, atau istirahat sejenak. Dilansir dari Kompasiana (2015) ketenangan menurut KBBI diartikan sebagai satu hal keadaan, ketentuan (hati, bathin, pikiran). Sangat menyenangkan dengan kenyamanan yang dirasakan oleh setiap orang. orang merasa tenang ketika tidak gelisah. Merasa nyaman ketika tidak ada masalah yang menggangu pikirannya. Merasa aman ketika tidak ada beban yang memberatkan pikiraannya.

Setiap individu memiliki cara yang berbeda-beda dalam mencari ketenangan. Ada individu yang traveling ke dataran tinggi atau mendaki gunung bersama teman-temannya. Kegiatan tersebut bisa memberikan energi positif, setelah melalui rutinitas yang padat.

Foto di atas adalah suasana pagi hari Gunung Prau. Gunung tersebut terletak di Dieng, Wonosobo. Gunung bisa menjadi tempat meditasi yang baik untuk pikiran, hati, dan jiwa dari tekanan aktivitas sehari-hari. Melihat bunga, rumput yang hijau, dan udara dingin dapat menyegarkan pikiran dan membuat tubuh rileks. Hal itu bisa meningkatkan produktifitas kembali saat kembali beraktivitas atau bekerja. Dilansir dari CNN Indonesia (2019) mendaki gunung dapat menjadi terapi tambah dan membantu orang yang sedang depresi berat yang disertai dengan rasa putus asa. Kata REI Outdoor dalam CNN Indonesia (2019), berada di alam, jauh dari bisnis kehidupan kita sehari-hari dan teknologi, dapat memungkinkan orang untuk berhubungan dengan diri mereka sendiri dan alam dengan cara yang membawa kedamaian dan rasa kesejahteraan. Selain itu, cara untuk menunjukkan bahwa berinteraksi dengan alam memiliki keuntungan untuk meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah, David Strayer dalam CNN indonesia.

Terlihat di foto ada Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang menjulang tinggi dengan gagah. Begitu juga semangat untuk mencapai kesuksesan, meskipun mendaki Gunung Prau harus melewati banyak rintangan dan jalan yang tidak mulus, namun akhirnya dapat mencapai puncak dan melihat keindahan alam. Bisa jadi setelah melewati banyak kekecewaan, akan ada hal indah di depan. Tenangkan diri, jangan tergesa-gesa ketika mengambil keputusan agar supaya tidak salah langkah. Di dalam foto juga ada orang-orang yang sedang berbincang. Mendaki gunung bisa mempertemukan kita dengan orang-orang baru, memungkinkan kita mendapat wawasan baru. Interaksi orang-orang di foto memaknai bahwa jika sedang mengalami masalah, jangan cepat putus asa karena masih ada orang-orang di sekitar kita, dari latar belakang yang berbeda bisa diajak berdiskusi, hal ini memungkinkan melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda dan dapat menemukan solusinya.


Referensi:

CNN Indonesia. 2019. Manfaat Mendaki Gunung Selain Menyehatkan. Diakses 4 Januari 2022 dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190611104600-269-402340/manfaat-mendaki-gunung-selain-menyehatkan.

Maman Abdullah. 2015. Ketenangan & Kehangatan. Diakses 4 Januari 2022 dari https://www.kompasiana.com/amp/lukman.abdullah/ketenangan-kehangatan_54f84f4aa33311fa7d8b45ac

 

0 komentar:

Posting Komentar