7.1.22

Memandang Indahnya Langit dari Puncak Gebang

 

 


Devi Nurmala Sari (19310410048)

Tugas Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 



“Memandang Indahnya Langit dari Puncak Gebang

.

.

Walaupun langit terlihat mendung, namun keindahannya masih dapat dinikmati.

Sejuknya angin semilir saat mendung, membuatku bisa merasa nyaman berada di sini.

Sembari menikmati, sejenak aku terpikir...

Beruntungnya aku bisa berada di Indonesia tercinta ini.

Walau hanya berpergian di Puncak Gebang, namun aku masih bisa menikmati keindahannya.

Aku berdoa...

Semoga suatu saat nanti aku bisa mengelilingi keindahan alam yang ada di Indonesia”

(Lokasi: Puncak Gebang. Jl. Dadap Kulon, Tegalrejo, Bawuran, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791)

 

Begitulah kutipan pada postiongan lomba yang saya ikuti. Menikmati pemandangan alam semesta memang selalu menarik untuk dijadikan dan tidak pernah membosankan. Alam menyuguhkan keindahan alami yang mendamaikan hati, jiwa dan pikiran.

Salah satu keindahan alam semesta yang paling nyata dan selalu dikagumi adalah keindahan pesona langit. Bukan hanya cocok saja dijadikan sebuah hobi, menatap langit juga memiliki beberapa manfaat. Beberapa diantaranya adalah:

 

1.      Menjernihkan Pikiran

Terkadang permasalahan hidup terasa begitu rumit dan seperti tidak pernah ada jalan keluarnya. Tuhan tidak mungkin memberikan ujian hidup melebihi batas kemampuan hambaNya. Yakinlah setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, karena setiap penyakit juga pasti ada obatnya.

Ketika pikiranmu kacau balau dan tidak karuan, cobalah untuk menatap keindahan langit sore atau keindahan langit dengan beribu bintang di malam hari.

Tenangkan pikiranmu bersama alam semesta yang selalu menyambutmu dengan senyum yang ramah.

 

2.      Membuatmu Merasa Tidak Sendiri

Pernahkan Kamu merasa sangat sedih dan seakan tidak ada seorangpun yang peduli dengan keadaanmu saat itu? Mungkin setiap orang pernah merasakan hal yang memilukan ini.

Ketika Kamu merasa masalahmu sangat berat seperti tidak ada jalan keluar yang bisa ditemui, cobalah keluar rumah dan tataplah langit yang membentang luas.

Terdengar sepele memang, tapi hal ini akan sangat bermanfaat untuk membuatmu merasa bahwa Kamu tidak sendiri.

Kamu punya Tuhan, Kamu masih punya banyak orang yang menyayangimu, masih banyak orang-orang terdekat yang harus Kamu bahagiakan dan Kamu perjuangkan, dan Kamu tidak merasakan kegundahan itu sendiri.

Orang lain juga memiliki masalah sama sepertimu hanya saja berbeda tema ceritanya. Dengan begitu keterpurukan dan keputus-asaanmu akan hilang sekejap dan Kamu kembali menjadi sosok yang semangat dan hasrat yang membara untuk melakukan segala upaya yang masih tersisa.

 

3.      Membuatmu Merasakan Kebebasan

Pernahkan Kamu keluar rumah dan menatap keindahan langit di sore hari? Bagaimana rasanya? Indah sekali bukan? Langit yang terang dengan burung-burung kecil dan beterbangan dengan riangnya akan membawa suasana bahagia dalam pikiranmu.

Bukankah burung-burung itu terbang bebas tanpa beban? Itulah yang juga bisa mensugesti dirimu sendiri.

Kamu juga bisa terbang bebas seperti burung yang beterbangan menghiasi langit sore. Kamu bukanlah sosok yang lemah dan terpenjara dalam kesedihan. Masih banyak harapan baru yang bisa Kamu bangun dan Kamu mulai secepatnya.

 



Link lomba:

https://www.instagram.com/p/CYG7UI_BxhJ/?utm_medium=copy_link

Refrensi:

Mey, A. (2020). 6 Manfaat Menatap Keindahan Langit Untuk Meningkatkan Kesadaran. Diakses pada tanggal 7 Januari 2022. https://goodminds.id/manfaat-menatap-keindahan-langit/

0 komentar:

Posting Komentar