4.1.22

Kaindahan Wisata Puncak Nampan

 TUGAS PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Yudit Ilham Ramadhana 19319410018

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

    Indonesia merupakan negara yang memiliki berjuta keindahan panorama didalamnya. Kekayaan akan sumber daya alamnya merupakan daya tarik tersendiri bagi nerga-negara lain. Tentunya pemandangan dan keindahan alamnya juga banyak dan beragam, mulai dari sabang sampai merauke terdapat keindahan alam yang tersembunyi yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Kabupaten Magelang yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah yang  merupakan salah satu penyumbang keindahan dan kekayaan alam untuk Indonesia. Seperti halnya daerah pertanian yang diolah sebagai tempat wisata di daerah Puncak Nampan, Sukomakmur, Magelang. Pemandangan hijau yang sangat indah dapat dinikmati oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut. 

Keindahan  pemandangan yang disediakan oleh Puncak Nampan tentu saja sangat bermanfaat bagi banyak orang, seperti halnya sebagai perputaran roda ekonomi masyarakat setempat dan sebagai self healing bagi setiap orang yang berkunjung di setiap sudut Puncak Nampan. Menurut Rasyida 2020, alam dapat memberikan rangsangan tertentu untuk memungkinkan individu melakukan pemulihan dari kelelahan yang terjadi selama melakukan tugas-tugas kognitif. 

Hamparan hijau dari setiap sudut Puncak Nampan juga memberikan efek positif bagi banyak orang yang berkunjung. Warna hijau dapat menimbulkan rasa nyaman, rileks, mengurangi stres, menyeimbangkan, dan menenangkan emosi (Kusuma, 2010). Terlihat dari setiap pancaran senyum dan tawa para pengunjung yang silih berganti mengisi setiap kekosongan tempat. Suatu kebahagiaan tersediri dapat berkunjung ke suatu tempat bernama Puncak Nampan yang dihiasi oleh pemandangan alam yang luar biasa, dan senyum kebahagian bagi para penikmatnya.

FEREFENSI

Rasyida, A. (2020). Hubungan antara presepsi terhadap kualitas dan pemanfaatan ruang terbuka hijau dengan kesejahteraan psikologi anak. Jurnal Tata Loka, 23(3): 404-417.

Kusuma,E. (2010). Pengertian gelombang dan aplikasi, (http://ichsan09.blog.uns.ac.id/files/2010/11/pengertian-gelombangdan-aplikasi.pdf, diakses 25 Januari 2012








 

0 komentar:

Posting Komentar