4.1.22

BAHAGIA DENGAN CARA SEDERHANA, BERSANTAI SAMBIL MENIKMATI SENJA DI PANTAI

 

TUGAS ESSAY PSIKOLOGI INOVASI

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

TRIAS SABILA RAHMAH / 19310410036

MATA KULIAH : PSIKOLOGI INOVASI

DOSEN : DR. ARUNDATI SHINTA, MA

 


Bahagia adalah kondisi emosi dengan karakter rasa senang, penuh syukur, dan puas. Lukman (dalam Herbiyanti, 2009) mengemukakan bahwa kebahagiaan adalah sesuatu hal yang menyenangkan, suka cita, membawa kenikmatan serta tercapainya sebuah tujuan. Kebahagiaan pada tiap orang memang berbeda, karena kebahagiaan adalah hal yang subjektif. Kebahagiaan tiap individu berbeda satu sama lain meskipun mengalami kejadian yang sama. Kebahagiaan pada tiap individu tergantung pada pemaknaan dan memahami kebahagiaan.

Tiap individu memiliki cara tersendiri untuk berbahagia. Ada individu yang sudah bahagia hanya dengan hal sederhanya, contohnya dengan bersantai dan menikmati senja di pinggir pantai seperti yang terlihat pada foto di atas. 

Foto di atas adalah suasana sore hari di Pantai Tirang yang terletak di Kota Semarang. Pantai selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi kebanyakan orang. Pemandangan yang indah serta keseruan yang didapat ketika bermain air sejenak mampu menghilangkan kepenatan setelah aktivitas harian yang padat dan melelahkan.

Dilansir dari Liputan6.com (2/2/2019) pantai dinilai memiliki efek menenangkan pada jiwa. Tubuh tpun terasa lebih rileks, tenang, dan ringan ketika menikmati keindahan pantai. Berdasarkan beberapa penelitian ilmiah, pantai disebut sangat baik untuk otak karena dapat menimbulkan perasaan tenang dan pikiran menjadi bahagia, serta kembali bersemangat.

Selain kebahagiaan, National Geographic Indonesia (23/7/2018) menyebutkan bahwa menurut penelitian yang dilakukan oleh Sally Nazari, dari Chrysalis Psychological Services, suara deburan ombak serta pemandangan pantai yang indah mampu mengaktifkan saraf parasimpatis yang berfungsi untuk membuat seseorang merasa santai. Hembusan angin yang semilir juga berkontribusi dalam membuat seseorang merasa tenang dan bahagia. Cara kerjanya berhubungan dengan ion negatif yang dihirup oleh seseorang. Ion negatif dapat digunakan sebagai terapi untuk mengobati gangguan afektif.

Warna senja yang ada pada foto pantai di atas pun memiliki arti yang sangat mendalam. Senja adalah penutupan yang indah untuk hari yang cerah dan sangat bagus dilihat ketika di pantai. Senja yang indah namun hanya ada pada sore hari itu dapat diartikan bahwa kita harus berjuang dan menanti untuk bisa melihat keindahan atau merasakan kebahagiaan. Seperti halnya kita yang harus pergi ke pantai untuk menanti datangnya senja yang indah di sore hari. Selain itu, senja yang redup juga dapat diartikan bahwa kehidupan tidak akan selalu secerah siang hari, akan ada masa yang redup atau sulit, namun kita tidak boleh menyerah dan harus selalu bekerja keras supaya bisa mewujudkan kehidupan yang cerah.

 

Daftar Pustaka :

Herbiyanti, Deni. (2009). KEBAHAGIAAN (HAPPINESS) PADA REMAJA DI DAERAH ABRASI. Skripsi. FAKULTAS PSIKOLOGI, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Liputan6.com. (2019). 5 Alasan Ilmiah Suasana Pantai Baik untuk Kesehatan Mental. https://www.liputan6.com/health/read/3884974/5-alasan-ilmiah-suasana-pantai-baik-untuk-kesehatan-mental (Diakses pada 4 Januari 2022)

National Geographic Indondesia. (2018). Hal Sederhana dari Pantai yang Menjadikan Kita Tenang dan Bahagia. https://nationalgeographic.grid.id/read/13902603/hal-sederhana-dari-pantai-yang-menjadikan-kita-tenang-dan-bahagia (Diakses pada 4 Januari 2022)



0 komentar:

Posting Komentar