7.1.22

AYO TINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASIMU !

 Tirsa Venta Han/19310410058

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Ujian Akhir Psikologi Inovasi

Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A


        Motivasi berprestasi adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh para mahasiswa. Seorang mahasiswa akan memiliki kesadaran untuk sukses apabila ia mampu memiliki motivasi berprestasi dalam dirinya. Motivasi berprestasi akan dapat mendobrak building block ketahanan individu dalam menghadapi tantangan hidup sehingga mencapai kesuksesan (Sulistivani, 2012). Jika motivasi berprestasi tumbuh dan berkembang pada diri seseorang maka hal itu akan membawa dampak positif yang luar biasa. Mereka yang memiliki motivasi berprestasi tinggi cenderung akan mampu mengatasi hambatan yang terjadi dalam mencapai kesuksesannya.

            Motivasi berprestasi menurut McClelland (1987) adalah suatu keinginan yang ada dalam diri seseorang yang mendorong orang tersebut untuk berusaha mencapai suatu standar atau ukuran keunggulan. Maka dari itu, motivasi berpretasi merupakan hal penting agar seorang mahasiswa dapat menentukan target  kesuksesan yang ingin dicapai oleh dirinya dan menghindari peluang kegagalan yang akan terjadi. Tidak semua orang memiliki kadar motivasi berprestasi yang sama. Individu yang memiliki motivasi berprestasi tinggi tidak akan takut gagal dan sebaliknya individu yang memiliki motivasi berprestasi rendah selalu takut gagal,

            Persoalan klasik yang timbul akibat rendahnya motivasi berprestasi seseorang, salah satunya adalah mereka akan cenderung mengalami banyak sekali keraguan dalam hidupnya sehingga takut dalam mengambil langkah selanjutnya. Bayangkan saja, jika kehidupan Anda selalu dalam ketakutan akan kegagalan bahkan sampai takut mengambil langkah sehingga Anda menjadi terjebak, diam tempat, tidak bergerak, bahkan tidak ada kemajuan, apakah harus dibiarkan? Tentu tidak boleh dibiarkan. Idealnya, bila Anda memiliki motivasi berprestasi yang tinggi, maka hidup Anda akan mengalami kemajuan karena Anda memiliki keinginan untuk sukses.


   Tulisan ini tertuju kepada semua mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah bahkan tidak memiliki motivasi untuk berprestasi sama sekali karena takut akan kegagalan. Jadi, pertanyaan yang harus dijawab dalam tulisan ini adalah bagaimana cara meningkatkan motivasi berprestasi seorang mahasiswa? Hal ini penting karena dua hal. Pertama, motivasi berprestasi yang tinggi akan membuat mahasiswa berjuang untuk mencapai kesuksesannya. Kedua, motivasi berprestasi yang tinggi akan membuat mahasiswa mampu menghadapi kegagalan bahkan menghindari kemungkinan-kemungkinan kegagalan yang akan terjadi. Motivasi berprestasi dapat di ibaratkan dengan gambar kebun sayur yang subur diatas. Meskipun tentu ada hambatan seperti dimakan hama maupun kondisi cuaca yang tidak menentu, namun sayur-sayuran tersebut tetap subur. Maka motivasi berprestasimu pun harus dipupuk agar terus subur seperti sayur-sayur tersebut walaupun terkadang banyak hambatan.

    Cara meningkatkan motivasi berprestasi salah satunya adalah dengan memperhatikan indikator motivasi berprestasi itu sendiri. Mari kita simak indikator-indikator motivasi berprestasi dibawah ini.  Wigfield   dan Eccles (2002) mengemukakan bahwa indikator dari motivasi berprestasi, khususnya dalam setting akademik, meliputi:

  1. Choice atau memilih terlibat  dalam tugas akademik daripada tugas-tugas non-akademik. Perilaku memilih tugas prestasi ini misalnya memilih mengerjakan tugas sekolah/kuliah daripada menonton TV, menelepon teman,  bermain game, ataupun aktivitas-aktivitas lainnya yang dapat dipilih untuk mengisi waktu luang.
  2. Persistence atau persisten (ulet) dalam tugas prestasi, terutama pada waktu     menghadapi rintangan seperti   kesulitan, kebosanan, ataupun   kelelahan
  3. Effort atau mengerahkan usaha baik berupa usaha secara  fisik maupun usaha secara kognitif seperti misalnya menerapkan strategi kognitif ataupun strategi metakognitif. Perilaku yang mencerminkan usaha ini misalnya  berupa mengajukan pertanyaan yang bagus ketika di kelas,mendiskusikan materi pelajaran dengan teman sekelas atau teman lain di luar jam sekolah/kuliah, memikirkan secara  mendalam meteri pelajaran yang sedang dipelajari,menggunakan waktu yang memadai untuk mempersiapkan ujian,  merencanakan aktivitas belajar, menerapkan mnemonic dalam belajar.


        Motivasi berpretasi yang tinggi akan selalu membuat seseorang mampu menghadapi segala konsekuensi yang terjadi dari perjuangan untuk  mencapai kesuksesan yang dilakukan. Oleh karena itu, pupuklah terus motivasi berprestasi Anda, agar semangat juang Anda untuk mencapai kesuksesan sebagai mahasiswa semakin subur seperti gambar kebun sayur diatas. Ayo mulai tingkatkan motivasi berprestasimu sebagai mahasiswa yang sukses! 

DAFTAR PUSTAKA

McClelland, C.D. (1987). Human Motivation. New York : Cambridge University Press.

Sulistivani, N. W. (2012). Hubungan konsep diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(2), 119.

Wigfield, A.,& Eccles, J.S. (2002). Development of Achievement  Motivation. San Diego, CA: Academic Press.

0 komentar:

Posting Komentar