14.6.21

PEDULI LINGKUNGAN SEKITAR

     


Andri wijayanto /19310410023

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.



    Peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi .

   Pentingnya meningkatkan kesadaran untuk peduli pada lingkungan akan berdampak baik bagi alam, manusia dan hewan. Sebagai salah satu contoh perilaku membuang sambah disungai yang berdampat pada mampetnya aliran air dan tercemarnya air sungai. Masyarakat disekitar sungai pasti akan merasakan dampak yang nyata. Jika lingkungan bersih dari sampah manusia akan merasa nyaman untuk beraktivitas.  

   Kebersihan lingkungan juga dapat mempengaruhi diri seseorang. Seperti sehatnya sebuah lingkungan akan berdampak pada udara yang dihasilkan lingkungan itu sendiri. Hal itu akan mempengaruhi segar dan sehatnya udara yang kita hirup. Jika udara yang kita hirup berkualitas baik maka sistem pernapasan kita pun akan baik. Hal itu juga akan mempengaruhi kinerja kita dalam melakukan aktivitas kita. Juga kita akan merasa nyaman berada di lingkungan tersebut. 
Beberapa hal sederhana bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan sekitar kita . Seperti menata ruangan dan membersihkan sampah. 

   Berikut foto dokumentasi before after yang sudah saya lakukan di sekitar tempat kerja bersama . 

membersihkan sampah berserakan. Dengan menata kembali sampah yang berceceran lingkungan akan nyaman di tempati dan sehat.
Menata parkiran motor agar terlihat rapi dan lebih tertata 



Membenarkan saluran irigasi yang tersumbat.

Mencuci kendaraanagar nyaman di pakai.


Referensi: 
 https://pauddikmaskaltim.kemdikbud.go.id/mengasah-sikap-peduli-lingkungan-pada-anak-sejak-dini/

0 komentar:

Posting Komentar