2.3.21

LOMBA AJANG KREATIF PRODUKTIF DIY 2020

 AJANG KREATIF PRODUKTIF (AJAK PRODUKTIF) GENRE INDONESIA FORUM GENRE DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Ahmad Prasetiyo / 19310410029


    Data BPS pada tahun 2020 mengatakan bahwa jumlah penduduk Indonesia tahun 2019 sebesar 268.074.600 jiwa dengan jumlah remaja sebesar 67.268.900 jiwa. Ini berarti jumlah remaja sebesar 25.09 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Besarnya populasi remaja juga menjadi kesempatan bagi bangsa untuk dapat memanfaatkan momentum yang disebut sebagai Bonus Demografi yaitu situasi kependudukan yang didominasi oleh usia produktif atau angkatan kerja dibandingkan dengan jumlah penduduk yang tidak produktif atau non angkatan kerja.

    Dominasi penduduk angkatan kerja atau Bonus Demografi dapat menjadi peluang besar bagi Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa jika remaja yang menjadi salah satu bagian dari usia produktif diakomodir dan dimanfaatkan potensi dan kreatifitasnya, akan menjadi berbanding terbalik jika tidak memanfaatkan dan berubah menjadi Bencana Demografi serta menjadi beban ekonomi dan beban kependudukan baru.

    Potensi dan daya saing yang dimiliki oleh remaja Indonesia khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta sangatlah besar. Masa remaja adalah masa transisi dalam rentang kehidupan manusia, menghubungkan masa kanak-kanak dan masa dewasa (Santrock, 2003). Berbagai bakat dan ketrampilan hidup dapat mereka lakukan akan tetapi masih banyak diantara mereka masih merasa kesulitan untuk mendapatkan wadah, fasilitasi dan / atau eksistensi diri. Permasalahan tersebut menjadi latar belakang Forum GenRe DIY dan Perwakilan BKKBN DIY untuk menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk AJAK PRODUKTIF GENRE. AJAK PRODUKTIF GENRE merupakan wadah bagi remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk dapat berekspresi, berinovasi, berkreasi dan berkompetisi untuk menumbuhkan daya saing yang tangguh, dinamis serta membentuk jejaring atau kolaborasi yang bisa dilakukan bersama antar remaja.

    Tujuan Kegiatan AJAK PRODUKTIF GENRE adalah 

   1. Memberikan wadah bagi remaja Daerah Istimewa Yogyakarta untuk berkreasi, berinovasi dan                berkompetisi berdasarkan bakat dan minta yang dimiliki

   2.  Mengasah dan mewadahi remaja Daerah Istimewa Yogyakarta dalam melatih life skill yang                    dimiliki

   3.   Menumbuhkan semangat berkompetisi dan berkolaborasi bagi remaja di Daerah Istimewa                     Yogyakarta

    Saya turut aktif dan berpartisipasi dalam acara ini yang di selenggarakan hari Rabu 14 Oktober 2020 Pukul 07.30 - selesai WIB yang bertempat di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta. Saya satu-satunya perwakilan dari PIK-R Sobat Remaja Kelurahan Suryodiningratan. Dalam acara ini saya mengikuti lomba tari. Saya bawakan tarian yang mengangkat tema Globalisasi Jathilan yang di padukan dengan musik hip-hop. Berbekal pakaian dan properti kuda lumping yang saya punya. Saya teta percaya diri dan tampil maksimal dalam acara ini.




    Banyak sekali pesaing saya yang begitu sangat baik dalam penampilannya. Saya merasa cemas dan was-was pada saat itu. Ada dari mereka yang menampilkan bernyanyi, drama, stand up comedy, dan bermain musik. Setelah semua menampilkan bakat-bakatnya. Tibalah pengumuman siapa yang berhak mendapatkan hadiah dan menyandang gelar juara. Tidak saya sangka ternyata saya mendapat juara Harapan 1 dan saya merasa senang sekali.


    Daftar Pustaka :

Badan Pusat Statistik ( BPS )

Santrock, John W. 2003. Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.



1 komentar: