11.10.20

Proses Penyesuaian Diri Pada Masa Dewasa

 

Penyesuaian Diri Pada Masa Dewasa Awal

Putri Sartika / 19310410001

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

 

                                    Sumber gambar ( https://handokosetyawan212.wordpress.com )

 Kepribadian seseorang terbentuk tidak hanya dari faktor bawaan saja, tetapi juga bisa karena adanya interaksi individu dengan lingkungan sosialnya atau teman sebayanya. Banyak diantara individu ( khususnya pada masa dewasa awal ) yang dimana mereka harus bisa menyesuaikan dirinya pada situasi yang akan mereka hadapi atau bisa saja menyesuaikan dirinya dengan lingkungan yang baru bagi mereka.

Masa dewasa awal adalah masa untuk bagi kita bekerja dan memikirkan tentang masa depan, yang terkadang menyisakan sedikit waktu untuk hal lainnya. Sebagian dari kita,sudah berhasil dalam mencapai kehidupan yang lebih mapan dengan membutuhkan waktu yang lebih panjang dari yang kita bayangkan. Dan ada juga yang masih bertanya pada dirinya sendiri, siapa kita dan khawatir jika belum bisa untuk menjadi diri kita yang sekarang.

Mungkin ada sebagian dari kita yang masih dalam proses penyesuaian diri baik di lingkungan kerja, lingkungan kuliah dan bahkan lingkungan sosialnya. Yang awalnya kita ketika pulang sekolah / bimbel masih bisa untuk ngumpul bareng teman-teman sebayanya, atau kalau mau jalan mereka ada waktu.

Tetapi ketika kita sudah mulai sibuk dengan jadwal kuliah atau kerja, yang biasanya ngumpul bareng ini kita tidak bisa ikut karena sudah lelah dengan aktifitas yang kita lakukan hari ini. Mungkin masih ada diantara kita yang menggerutu / kesal sendiri. Semisal, kita tidak bisa libur kerja karena harus lembur. Sedangkan teman-teman yang lain pada libur kerja, atau bisa juga dengan kita yang masih belum selesai mengerjakan deadline dari kantor , itu kita mendapatkan tugas yang baru.

Kadang ada kalanya kita jenuh, kesal dan kecewa karena melihat yang lain pada liburan dan kadang kita merasa kalau kita tidak bisa seperti mereka.  Tetapi kalau kita menerima dan mengerjakan sesuatu hal itu dengan mood yang baik dan bisa berfikir positf, maka itu akan terselesaikan dengan baik. Misal kita sudah mengerjakan deadlinenya dengan baik, maka kita bisa liburan seperti mereka tanpa ada beban fikiran tentang pekerjaan.

Dalam penyesuaian diri memang butuh proses, tetapi di setiap proses yang kita lewati, maka akan banyak pelajaran yang kita dapatkan.

Referensi :

https://www.kompasiana.com/amir/55001dea813311a119fa712c/penyesuaian-diri-remaja

https://www.kompas.com/skola/read/2020/04/09/150000969/jenis-dan-tahapan-sosialisasi?page=all

0 comments:

Post a Comment