15.6.20

KINERJA KARYAWAN MEMBURUK? YUK SIMAK TIPS UNTUK MENGATASINYA!

Tirsa Venta Han / 19310410058
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.
Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Kinerja karyawan sebuah perusahaan menentukan berhasil atau tidaknya perusahaan tersebut dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Mangkunegara (2000:67) menyatakan kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Karyawan yang berkinerja baik akan menyelesaikan tanggung jawabnya dengan baik pula. Berbagai persoalan timbul akibat dari kinerja karyawan yang buruk.

Persoalan – persoalan yang timbul akibat kinerja karyawan yang memburuk yaitu seperti karyawan yang tidak produktif. Pada akhirnya, perusahaan pun akan mengalami kemunduran. Bayangkan saja jika sebuah perusahaan tidak mampu bersaing dengan perusahaan lain karena kinerja karyawan yang tidak maksimal, apakah akan terus dibiarkan? Tentu tidak boleh dibiarkan. Idealnya, perusahaan akan mencapai target yang ditentukan apabila karyawannya pun dapat berkinerja optimal sehingga dapat produktif dengan baik sesuai ketentuan perusahaan.

Tulisan ini terutama ditujukan untuk perusahaan-perusahaan yang memiliki karyawan-karyawan berkinerja buruk. Jadi pertanyaan yang akan dijawab dalam tulisan ini adalah bagaimana cara untuk mengatasi kinerja karyawan-karyawan seperti itu? Haruskah memecat? Tentu memecat bukanlah jalan baik untuk mengatasi persoalan tersebut. Alangkah baiknya jika perusahaan membenahi dan memperbaiki kinerja karyawan-karyawan tersebut. Jika perusahaan mengambil jalan pintas dengan memecat, bukankah itu justru mengurangi produktivitas perusahaan karena berkurangnya karyawan? Untuk itu perusahaan sangat memerlukan cara untuk mengatasi kinerja yang buruk pada perusahaanya.

Strategi mengatasi kinerja buruk pada perusahaan
  1. Kenali akar masalah/penyebabnya kinerja memburuk pada karyawan tersebut. Lakukan pendekatan dan komunikasikan dengan baik-baik. sebelum pendekatan, sebaiknya anda mengumpulkan semua fakta terkait kinerja buruk pada karyawan tersebut agar nantinya ada dapat memberikan alasan anda beranggapan bahwa mereka memiliki kinerja yang buruk.
  2. Motivasi karyawan tersebut. Carikan solusi bersama dengan karyawan tersebut. Jangan menyudutkannya. Berikan motivasi berupa hadiah jika mereka mampu meningkatkan kinerja mereka kembali.
  3. Buatlah rencana untuk peningkatan kinerja karyawan. Sebaiknya anda membuat rencana tindakan yang akan dilakukan agar nantinya peningkatan karyawan berkinerja buruk mengalami perubahan yang sesuai dengan harapan perusahaan.
  4. Latih,pantau dan berikan masukan. Jika rencana peningkatan sudah berjalan pantaulah peningkatan yang terjadi dan berikan masukan bagi mereka mengenai hal-hal yang harus dilakukan.


Perusahaan harus menangani dengan tepat kinerja buruk karyawan-karyawannya. Optimalkan cara-cara yang dapat dilakukan. Jangan menyudutkan apalagi sampai memecat. Lebih baik membenahi yang ada, daripada mencari yang baru. Setidaknya perusahaan sudah mulai memahami kinerja-kinerja dari karyawan yang ada sehingga lebih mudah untuk nantinya dievaluasi.

DAFTAR PUSTAKA
Mangkunegara, Anwar. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT
            Remaja Rosda Karya Offest. Bandung.
 Tim JobStreet. (2019). 5 Langkah Menghadapi Karyawan Berkinerja Buruk dan

SUMBER GAMBAR                                                                          
            (Diakses pada tanggal 15 Juni 2020)

0 comments:

Post a Comment