16.1.18

Indonesia Jadi Contoh



Indonesia Jadi Contoh
Nama : Meissy Bella Sari
Nim : 163104101143


Toleransi serta kerukunan antarumat beragama di Indonesia sudah dipraktikkan sejak lama. Dengan demikian, sudah selayaknya pola hubungan antarumat beragama di Indonesia menjadi contoh bagi negara lain di Dunia.
Terkait hal itu, sejumlah tokoh lintas agama akan mengenalkan konsep toleransi Indonesia kepada masyarakat di sejumlah negara di Eropa dan Amerika. Toleransi itu antara lain Azyumardi Azra, M Amin Abdullah, Alwi Shihab, Jakob Tobing dan Matias Ho.
Untuk tahap pertama, para tokoh lintas agama itu akan berkeliling Jerman, Inggris, Belanda,Perancis dan Amerika untuk mengenalkan bagimaa hubungan antarumat beragama di Indonesia berjalan dengan baik. Masyarakat tetap hidup rukun meskipun berbeda agama suku dan ras.
Dalam pertemuan, Wapres Kalla juga menyampaikan bahwa toleransi di Indonesia tidak sebatas teori. Toleransi sudah dipraktikkan sejak lama. Hal itu setidaknya terlihat dari masyarakat dengan beragam latar belakang suku, agama dan ras yang hidup berdampingan dengan rukun.
Pada artikel ini mengajarkan sekali bahwasannya Indonesia merupakan negara yang sangat menjungjung tinggi toleransi antarumat beragama, Gejolak karena perbedaan agama dan padangan memang sering kali terjadi di Indonesia. Namun hal utu tidak sampai mengganggu kerukunan antarumat beragama. Perselisihan juga tidak sampai mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sumber, Kompas 13 Januari 2018

0 comments:

Post a Comment