17.11.17

SARASEHAN PUSTAKA, BEWE MENGGUGAT

" KRIMINALISASI MEMBUNGKAM SUARA RAKYAT "




NINGNURANI
FAK : PSIKOLOGI' 16
UP' 45 YOGYAKARTA

Kriminalitas merupakan segala macam bentuk tindakan dan perbuatan yang merugikan secara ekonomis dan psikologis yang melanggar hukum yang berlaku di Indonesia serta norma- norma sosial dan agama. Dapat diartikan bahwa, tindak kriminalitas segala sesuatu perbuatan yang melanggar hukum, norma - norma sosial, hingga masyarakat menentangnya. ( Kartono : 1999 )

Pada tanggal 15 november 2017, bertempat di aula perpustakaan universitas Atma Jaya Yogyakarta, kami ber - enam, mahasiswa dari UP' 45 semester 1 angkatan 2017 dan semester 3 angkatan 2016 mengikuti sarasehan pustaka BEWE MENGUGAT " KRIMINALITAS MEMBUNGKAM SUARA RAKYAT " yang disampaikan oleh Bambang Widjojanto (BEWE) wakil ketua KPK 2015, dan Bp. Saut Situmorang ( komisionaris KPK ). 

Peserta sarasehan diikuti oleh sifitas akademika dari berbagai kampus negeri dan swasta di yogyakarta, serta para dosen. Dari sekitar 200 peserta, hanya kami mahasiswa UP '45 yang berasal dari fakultas " Psikologi ", rata - rata dari peserta adalah hampir semuanya adalah mahasiwa dan dosen fakultas hukum. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat kami takut, minder ataupun jatuh mental kami. Justru di situ kami menunjukkan kalau anak psikologi yang notabene masih semester bawah mampu dan berani menghadapi situasi apapun juga dan dimanapun saja. Ini terbukti, seperti yang kami lakukan saat sesi tanya jawab berlangsung, pertanyaan pertama yang diaujukan adalah dari mahasiswi up' 45. 

Dalam kesempatan tersebut BEWE menjelaskan inti dari sarasehan pustaka itu adalah sbb :" bahwa kriminalisasi itu terbentuk dari indikasi beberapa pola , diantaranya adalah : Tuduhan, Direproduksinya fitnah- fitnah, dan Intimidasi ".dan pesan beliau untuk para peserta dalam acara tersebut adalah " Bangsa Indonesia akan menjadi sangat dahsyat, kalau anak - anak muda diberi kesempatan",

Bapak Saut Sitomurang juga menyampaikan bahwa "  Kriminalisasi adalah adanya kelompok - kelompok yang tidak menghendaki adanya perubahan yang cepat di negara Indonesia ini." Dan beliau juga menyampaikan " jika yang membedakan seseorang dari orang lain adalah Integritas." 

Sarasehan tersebut berakhir pada pukul 16.00 dan ditutup dengan sebuat kalimat dari Bapak BEWE " KEKERASAN KRIMINALITAS, TIDAK AKAN MENYELESAIKAN MASALAH DAN JANGAN MENGGUNAKAN KEKERASAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH."


Penyampaian materi oleh para pembicara





sesi mengajukan pertanyaan kepada para narsum
kami mendapat bingkisan berupa buku , VCD dan staterkit dari Bapak BEWE

Salah satu buku yang ditandatangani langsung oleh Bapak BEWE

SUMBER : Hasil sarasehan, 15 november 2017, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
                  
                    Kartini Kartono, patologi sosial, Rajawali Pres, Jakarta : 2003

0 comments:

Post a Comment