16.4.17

Artikel Kunjungan Ke RSJ Grhasia Yogyakarta

Artikel Kunjungan Ke RSJ Grhasia Yogyakarta
Olah : Siti Asmaul Husna
(153104101111)
Psikologi Abnormal

Kamis, 13 April 2017, kami mahasiswa psikologi universitas proklamasi 45 yogyakarta mengadakan kunjungan ke RSJ Grhasia yogyakarta, dengan bertujuan agar mahasiswa tidak hanya mengerti dalam bidang materi atau ilmu pengetahuan. Akan tetapi mahasiswa psikologi juga tahu mengenai cara menghadapi pasien yang berkebutuhan khusus, serta bagaimana ciri – ciri dan gejala – gejalanya, juga bagaimana cara menangani dan terapi yang digunakan untuk setiap pasien dengan masing –masing ciri – cirinya.
Lingkungan yang baik serta pelayanan yang ramah, akan sangat membantu proses penyembuhan pasien. Serta dukungan keluarga yang tidak kalah pentingnya dalam proses penyembuhan. Karna beberapa dari mereka sakit disebabkan karna adanya tekanan dari orang – orang terdekatnya.
Beban caregiver bertambah karena simtom-simtom gangguan yang dimunculkan cukup menganggu. Adapun karakteristik simtom yang muncul digolongkan dalam Simtom positif yaitu, tanda-tanda yangberlebihan, yang biasanya pada orang kebanyakan tidak ada, namun pada pasien skizofrenia justru muncul, berupa waham dan halusinasi. Simtom negatif adalah simtom yang defisit, yaitu perilaku yang seharusnya dimiliki oleh orang normal, namun tidak dimunculkan oleh pasien berupa avolition (hilangnya energi), alogia (miskin kuantitas isi pembicaraan), anhedonia (ketidakmampuan untuk memperoleh kesenangan), abulia (berkurangnya impuls untuk bertindak atau berpikir, tidak mampu memikirkan konsekuensi dari tindakan), asosialitas (gangguan yang buruk dalam hubungan sosial), afek datar dan afek yang tidak sesuai. Sedangkan simtom lainnya berupa disorganisasi, antara lain perilaku yang aneh dan pembicaraan yang aneh (Fausiah, 2005).

Sumber :

Nainggolan, Jusnita N & Hidajat, L. Lidia. (2013). Profil Kepribadian Dan Psychological Well-Being Caregiver Skizofrenia.

Jurnal Soul, Vol. 6, No.1. from: file:///C:/Users/lenovo/Downloads/735-2632-1-PB.pdf Tanggal akses : 16 April 2017.

0 comments:

Post a Comment