23.6.16

RINGKASAN ARTIKEL : RUMAH IBADAH SEBAGAI OBJEK WISATA



Murjiwantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta



Wisata religi identik dengan mengunjungi tempat-tempat ibadah. Masjid yang megah seperti Istiqlal Jakarta dan Kubah Mas Depok, setiap hari didatangi banyak bis pariwisata. Namun kalau ingin melihat klenteng yang luas dan ramai didatangi wisatawan, datanglah ke Klenteng Sam Poo Kong di Semarang. Klenteng Sam Poo Kong adalah tempat pemujaan Laksamana Cheng Ho, yang diutus oleh Kaisar Yung Lo ke pulau Jawa, dan mendarat di pantai Semarang pada tahun 1401. Namun sekarang keberadaan Klenteng tersebut lebih padat dengan aktivitas yang terkait dengan wisata. Ada jasa penyewaan pakaian bergaya tradisional Tionghoa untuk difoto. Ada pemutaran film Laksamana Cheng Ho, dan sebagainya. Klenteng Sam Po Kong yang terletak di kota Semarang, selain merupakan tempat sembahyang bagi sebagian orang, juga merupakan tempat wisata arsitektur yang menarik. Tempat ini dikenal juga dengan sebutan Gedung Batu. Ada yang mengatakan nama ini dipakai karena asal mula tempat ini adalah sebuah gua batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu. 


Masjid Agung Jawa Tengah
Yang tak kalah ramai menjadi objek wisata karena punya bangunan yang spektakuler serta areal yang amat luas adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini dibangun tahun 2001 dan diresmikan oleh Presiden SBY pada tanggal 14 November 2006. Ada 6 buah payung besar yang bisa buka tutup secara otomatis seperti yang ada di Masjid Nabawi Madinah. Selain itu gerbangnya yang melingkar juga terkesan unik. Ada menara yang boleh dinaiki oleh wisatawan untuk dapat melihat kota Semarang dari ketinggian. 
Klenteng Sam Poo Kong


Objek wisata utamanya adalah rumah ibadah dari berbagai agama. Tak banyak kota lain yang seperti Semarang. Dengan membuka tempat ibadah sebagai objek wisata, tentu dengan sedikit pembatasan agar tidak mengganggu kekhusukan pengunjung yang niatnya untuk beribadah, sangat bermanfaat untuk membina saling pengertian dan saling menghargai antar pemeluk agama yang berbeda.








Sumber Tulisan : Sikumbang R I. (2016). Rumah Ibadah Sebagai Objek Wisata. Kompas, 15 Februari 2016


0 comments:

Post a Comment