24.6.16

Ringkasan Artikel : BOM WAKTU LONGSOR

Bom Waktu Longsor
Dewi Larasati 
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


           Longsor telah menelan korban, bahkan menjadi bencana alam paling mematikan di Indonesia 10 tahun terakhir. Longsor dan banjir baru saja melanda Jawa Tengah, utamanya di Purworejo dan Banjarnegara. sudah 43 orang ditemukan tewas, 17 orang masih hilang dan 10 orang menderita luka-luka.
          Faktor-faktor penyebab longsor sebenarnya sudah dikenali. Kemiringan lereng adalah yang paling utama. Jenis tekstur tanah dan ketebalannya juga berpengaruh. selain faktor kondisi tanah, faktor yang utama adalah tingginya curah hujan, selain gempa bumi.
Namun, faktor paling penting adalah manusia. Secara alami, bumi selalu bergerak dinamis dan longsor menjadi bagian dari dinamika itu, sebagaimana letusan gunung api dan gempa bumi. Kontribusi manusia terhadap kerentanan longsor adalah dari aspek tata guna lahan. Lerengan berupa hutan dengan akar pepohonan yang mencengkeram tanah memiliki kerentanan longsor terkecil.
          Masalahnya, dinamika sosial menunjukkan semakin banyak penduduk tinggal dizona rentan longsor. Penduduk mitigasi harus terintegrasi dan salah satu kunci pentingnya adalah m,enerapkan tata ruang berbasis bencana. Menata geometri lereng, perbaikan drainase.

referensi artikel :
Kompas, Edisi Rabu 22 Juni 2016 

0 comments:

Post a Comment