23.6.16

Ringkasan artikel ;Puasa Menyehatkan JIka Gizi Seimbang




Puasa Menyehatkan Jika Gizi Seimbang

Fadli Amin
(153104101100)
Fakultas Psikologi
Universitas proklamasi 45
Yogyakarta


Saat puasa Ramadhan sebenarnya yang terjadi adalah perubahan pola makan , dari semula tiga kali menjadi dua kali. Diperkirakan perubahan frekuensi makan ini secara kuantitatif menurunkan jumlah asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh.
Puasa dapa memperbaiki kualitas tidur, menurunkan REM (Rapid Eye Movement) pada waktu tidur dan mimpi dan mempercepat proses ingatan. Dua jam tidur saat bulan ramadhan lebih memuaskan dan menyegarkan di banding lebih banyak jam di hari-hari lain. Banyak kejadian menunjukan puasa ramadhan tidak menyebabkan seseorang menjadi kekurangan gizi tapi mencegah kegemukan .bahkan penelitian menunjukan pengurangan konsumsi energy dan pemasukan zat gizi yang seimbang saat puasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga orang berpuasa menyebabkan badan menjadi lebih bugar . Berkaitan dengan kesehatan jantung, puasa dapat melancarkan aliran darah keseluruh tubuh ,mencegah hipertensi, diabetes mellitus dan penyakit pembuluh darah (atherosclerosis)
Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga asupan gizi saat berpuasa:

1.      Minum yang cukup dalam sehari minimal 8 gelas untuk mencegah dehidrasi.
2.      Mengonsumsi sayuran yang cukup dan makan buah di akhir waktu makan
3.      Menghindari asupan gula yang berlebihan
4.      Menghindari minuman yang berkafein, seperti kopi, coke.
5.      Mengurangi kebiasaan merokok, karena merokok berdampak negative  pada pengunaan beragam vitamin, pengaturan dan system enzim dalam tubuh.

Sumber : Harian jogya , 23 juni 2016
Penulis ; Ana  Adina Patriani ( Staf dinas kesehatan DIY)

0 comments:

Post a Comment