11.1.16

Manfaatkan Peluang, Raih Prestasi!




Nunuk Priyati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Peluang bisa menjadi jurang untuk beberapa orang tapi juga bisa menjadi cambukkan semangat. Bukan hal yang mudah bagi saya yang telah mengambil peluang kuliah di fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, jurusan yang tak terbayangankan sedikit pun dalam angan-angan saya sebelumnya. Tak mengherankan lagi jika pada awalnya saya sangat menderita dengan peluang yang telah saya ambil, seakan-akan saya sedang terpeleset ke dalam jurang. Impian saya masuk fakultas sastra indonesa yang sudah sejak lama saya idam-idamkan terpaksa saya bunuh diam-diam. Nilai semester pertama dengan dua mata kuliah yang menghasilkan point C menyadarkan saya bahwa saya harus cepat bangkit dan memanfaatkan peluang yang sudah saya ambil. Untuk menyembuhkan luka hati saya yang tidak memiliki kesempatan kuliah di fakultas sastra indonesia, saya menyibukkan diri dengan para penulis atau pun calon penulis lewat jejaring sosial. Di sana kami sama-sama belajar tentang sastra dan dunia literasi. Peluang-peluang yang mendorong saya untuk mewujudkan impian menjadi penulis sastra pun berdatangan. Beberapa penulis senior yang telah sukses dengan puluhan karya, mereka sangat humble dengan saya. Mereka mau membocorkan trik-trik menulis rahasia mereka dan juga memberikkan masukan hasil tulisan saya.

Sekarang ini, saya sedang ikut bimbingan menulis cernak untuk majalah pun Koran, cerpen untuk majalah pun Koran, resensi dan dunia blog secara gratis. Bimbingan ini diselenggarakan oleh Koko Ferdie—penulis cerpen, resensi, juga novel—terdiri dari tujuh anggota di mana saya termasuk salah satu di antaranya. Memang belum ada prestasi yang tampak dari hasil kepenulisan saya karena bimbingan ini baru saja dimulai. Hanya saja, bagi saya prestasi bukan sekadar piala, sertifikat atau bahkan uang tapi mempertahankan komitment, ketangguhan, ketekunan dan ketabahan merupakan sebuah prestasi tersendiri. Belum lagi ketika sekarang saya menyadari banyaknya manfaat Psikologi dalam menunjang mimpi saya di dunia tulis-menulis, membuat saya semakin bersemangat untuk memanfaatkan segala peluang yang ada demi prestasi di masa mendatang. Fakta bahwa tak ada ilmu yang tiada bermanfaat tak dapat dipungkiri, psikologi sendiri telah banyak membantu saya  dalam membuat penokohan dan memahami perasaan-perasaan tokoh dalam cerita saya. Adapun beberapa prestasi saya beserta bukti-buktinya ialah sebagai berikut:


Sep 2014-Ag2015.
Bea siswa BBM
Ag 2015-Ag 2016
Bea siswa BBM - No. 025/SK.Rek/UP/III/2015 
Ag 2015
Peserta Lomba Esai Nasional Membangun Generasi Muda Berjati Diri Indonesia yang diselenggarakan oleh Fak. Filsafat UGM Yogyakarta. Judul tulisan “Upacara Bendera Sebagai Rasa Nasionalisme, Cukupkah?”
 8 Sept 2015
Menulis di koran Kedaulatan Rakyat, 8 Sept. 2015 hal 12-13, “Pilih KRS online atau manual?”
15 Sept 2015
 Menulis di koran Kedaulatan Rakyat, 15 Sept 2015, hal 12, “Rauf Wanda wakili delegasi IAYP Indonesia”. 
28 November 2015
Lomba Debat Mahasiswa “Aspirasi Untuk Negeri” se-DIY yang diselenggarakan KOPMA UP 45 & LPAN DIY di Kampus Universitas Proklamasi 
 45 Yogyakarta


Add caption

1 comment:

  1. Haloo mb Nunuk :D
    Saya adalah penikmat hasil tulisanmu baik di blog maupun media sosial lainnya. Selain pandai menulis teryata juga punya banyak prestasi lainya,keren sekali mb hahaha :D

    ReplyDelete