5.10.15

Stres Pada Situasi Kerja



Stres Pada Situasi Kerja

R Joko Prambudiyono
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

            Menurut Selye (dalam Parawitasari, 2011) bahwa stress adalah respon yang tidak spesifik pada tubuh pada tiap tuntutan yang dikenakan padanya. Dengan kata lain stress menggambarkan kerumitan fisik dan psikologis akibat tekanan dari dalam dan luar diri seseorang. Bila dilihat dari kasus subyek yang diwawancarai maka individu mengalami tekanan psikologis yang berasal dari luar dirinya karena tuntutan dari pemilik AC yang ingin ACnya tidak ringan, sehingga muncul stress pada individu.
            Keadaan ini bisa muncul apabila tuntutan-tuntutan yang luar biasa ataupun terlalu banyak mengancam kesejahteraan ataupun integritas seseorang. Bila seseorang mengalami stress maka individu mengalami reaksi fisik dan psikologis terhadap tekanan tadi yang bisa memunculkan psikofisiologi yaitu gangguan pada badan dan juga mental misalnya pada mental individu suka cemas tidak tenang dan seterusnya pada fisik seperti tekanan darah bisa naik, jantung memompa darah lebih cepat dari normal, sakit perut/mag dan seterusnya.

Untuk tidak terjadi stress pada subyek maka sebelum pekerjaan itu ditangani maka individu harus memeriksa seberapa berat kerusakan yang terjadi dan menyampaikan pada pemilik AC bahwa untuk baik kembali maka membutuhkan proses perbaikannya membutuhkan waktu sekian jam atau harus menunggu sekian hari.

Daftar Pustaka :
Parawita Sari. 2011. Psikologi Klinis. Jakarta : Erlangga

0 comments:

Post a Comment