7.9.15

KISAH PERTEMUAN DUA SEJOLI

Jati Pramono
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Candra (nama samaran) usia 25 tahun bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur menjalin hubungan dengan seorang gadis bernama bunga (nama samaran) usia 24 tahun bekerja sebagai karyawati sebuah bank swasta asing. Keduanya saat ini sedang menjalin suatu hubungan spesial.


Pertemuan bermula semenjak duduk di bangku kuliah , ketika sama-sama sedang makan siang di kampus kebetulan bunga sedang kehilangan dompet, pada waktu mau bayar bunga bingung  dan panik karena dompetnya hilang kemudian dalam waktu yang bersamaan datanglah candra yang kebetulan juga mau bayar. Akhirnya dibayarilah bunga kemudian keduanya berkenalan dengan tukar nomor telepon. Seminggu kemudian candra mengajak bunga untuk makan malam, pertemanan pun dimulai masing-masing akhirnya berbincang-bincang masalah pribadi maupun keluarga dan kebetulan ada persamaan, misalnya masalah pribadi contohnya mempunyai hobby yang sama yakni membaca komik, bersepeda, berorganisasi maupun nonton film horor. Sedangkan masalah keluarga  contohnya masing-masing memiliki 2 saudara, kebetulan orang tuanya masing-masing mempunyai  kesukaan memasak dan berkumpul bersama keluarga ketika hari libur. Keduanya sangat akrab dan sering kali bertemu karena keduanya satu kampus dulunya, keduanya  berbeda jurusan. Candra mengambil jurusan teknik sipil sedangkan bunga mengambil jurusan manajemen.

Hal tersebut sesuai  dengan teori familiarity (keakraban) yang dikemukakan Sears, Freedman dan Peplau (1998:218-233 dalam Shinta, 2002:136) bahwa faktor yang sangat berpengaruh terhadap daya tarik individu adalah kemampuan seseorang untuk membuat hubungan sosial menjadi akrab atau dengan istilah lain yaitu tresno margo kulino atau jatuh cinta sudah terbiasa bertemu. Keduanya menjalin hubungan sudah 4 tahun lalu.

Pengendalian yang dilakukan keduanya supaya hubungan menjadi tetap akrab dan harmonis yaitu dengan cara mengirimkan pesan singkat setiap hari minimal 2 sms agar komunikasi tetap terjalin dengan baik, pentingnya sama-sama membaca buku supaya pengetahuan tentang hubungan percintaan semakin bertambah dan matang, pentingnya keduanya menjaga pola makan yang teratur dan bergizi supaya dalam menjalani aktivitas masing-masing  menjadi lebih konsentrasi dan lancar, pentingnya berolah raga untuk menjaga kondisi fisik dan mental biar fit.

Prediksi yang akan terjadi bila komunikasi dan keakraban terjalin dengan sangat baik maka candra dan bunga akan mendapatkan suatu nilai plus yakni keduanya sama-sama matang dalam berhubungan sehingga harapan untuk membina rumah tangga akan terjadi, keduanya akan menjadi individu yang komunikatif dan mempunyai rasa saling percaya yang kuat karena sudah memiliki suatu keakraban yang baik dan seimbang.

Daftar Pustaka


Shinta, A. (2002). Pengantar Psikologi Sosial. Edisi ke-2. Yogyakarta: Universitas Proklamasi 45.

8 comments:

  1. Mas Jati, boleh nggak saya konsul langsung? Saya pusing banget dengan kelakuan doi saya. Cepat beri respon ya mas.

    ReplyDelete
  2. Mas Jati Pramono, sering siaran di radio po? Itu fotonya sedang di radio to? Radio mana ya? Apakah mas Jati menjadi konsultan tetap dalam bidang psikologi di radio? Kalau ya, wah keren dong. Kalau kapan-kapan saya undang di radio komunitas saya di Jetis mau nggak ya? Radio kecil-kecilan sih. Tolong dikonfirm ya mas.

    ReplyDelete