9.11.22

Peranan Perempuan Dalam Pengelolaan Sampah





Essay Ujian Tengah Semester
Psikologi Lingkungan
Disusun Oleh:
Elfa Hidayaturrohmah (21310420032)
Kelas : Reguler A
Dosen Pengampu : Dr., Dra., Arunati Shinta., MA.
FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

        Pengelolaan sampah merupakan kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan penggalian yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. Peran perempuan dalam pengelolaan sampah skala rumah tangga tak lepas dari aktivitas yang mereka lakukan setiap hari. Pembelanjaan konsumsi sehari-hari yang terpenting dilakukan oleh ibu rumah tangga, jika mereka memiliki kesadaran mengelola sampah, otomatis anggota keluarga lain akan mengikuti. Perempuan sebagai ibu adalah faktor utama dalam penerapan pelestarian lingkungan, khususnya dalam pengelolaan sampah. Di dalam rumah tangga ibu memegang peran kunci dalam tata kelola keluarga dan pendidikan, dan salah satunya dalam upaya penanganan lingkungan melalui pengelolaan sampah, 

        Pada gambar pertama yaitu seorang perempuan yang sedang menyetorkan botol bekas ke sebuah bank sampah yang bernama Sukolaras yang berada di Desa Suronatan. Ibu itu menyetorkan satu kantong keresek penuh yang berisikan botol plastik, lalu botol sampah tersebut ditimbang terlebih dahulu. Botol bekas tersebut dipertimbangkan lalu dimasukkan ke dalam buku rekening bank sampah yang dimana rekening tersebut bisa di cairkan kapan saja beliau mau mencairkannya. Sampah yang telah dipilah oleh pengurus bank sampah akan diserahkan ke pengepul. Melalui bank sampah selain merawat dan menjaga lingkungan ternyata bank sampah juga bisa membantu perekonomian untuk menambah penghasilan rumah tangga. Inisiatif ini bertujuan untuk dapat memberikan peluang ekonomi alternatif bagi komunitas dan masyarakat sekitar terlebih dalam memaksimalkan potensi ekonomi kreatif yang sejalan dengan konsep ekonomi sirkular dalam pemanfaatan sampah. dari nasabah bank sampah adalah ibu rumah tangga, 

        Sampah rumah tanggalah sebagian besar berasal dari dapur seperti plastik bekas makanan, minuman sisa bahan-bahan lauk pauk dan sayuran dan salah satunya seperti gambar ke dua yaitu seorang ibu yang sedang mengupas cangkang telur. Telur salah menjadi satu bahan makanan yang wajib ada di rumah. Selain sebagai bahan pangan, telur tidak hanya digunakan sebatas di dalamnya saja. Bagian-bagian dari telur ternyata sangat serbaguna, seperti cangkang telur yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk. Cangkang telur yang telah dibersihkan dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan, hiasan, hingga pupuk organik. Pupuk organik dari cangkang telur sangat baik untuk berbagai jenis tanaman. Hal ini karena cangkang telur memiliki banyak sekali kandungan nutrisi seperti jenis pupuk yang fosfor tinggi. 

        Kerajinan merupakan suatu karya seni yang dibuat menggunakan keterampilan tangan manusia. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan dasar gelas plastik bekas. Gelas plastik menjadi barang yang biasanya kita buang karena tidak berguna lagi. Namun sekarang ini gelas atau botol plastik bekas yang tidak berguna menjadi barang yang layak jual. Dengan cara memanfaatkan untuk didaur ulang merupakan cara bijak bagi kita untuk membantu memanfaatkan cara bijak bagi kita untuk membantu memanfaatkan limbah anorganik menjadi barang yang memiliki nilai guna. Biasanya kegiatan tersebut menghasilkan sesuatu yang unik dan indah, karena adanya sentuhan seni tingkat tinggi serta benda siap pakai. Hasil dari gelas plastik bekas bisa berupa wadah tempat buah, gantungan jilbab, piring dari gelas plastik, lampu hias dari gelas plastik, bunga dari gelas plastik dll.

Daftar pustaka
https://pengajar.co.id/ide-kerajinan-dari-gelas-plastik-dan-cara-membuatnya/ diakses pada hari Rabu, 9 November 2022 Pukul 11.23 WIB. 

0 komentar:

Posting Komentar