12.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG BOGOTA SHORT

 Ahmad Ghozali (19310410031)

Dosen Pengampu    : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Topik

Awal mula berkembangnya film pendek melalui didirikannya Bogoshort.

Sumber

Leba, E.E. (2022). Jaime E Manrique: Feliat Film Pendek dari Bogota. Kompas. 20 September, hal. 16.

Ringkasan

·         Manrique adalah seorang yang lahir dari keluarga sederhana di Kolombia. Ia dibesarkan oleh seorang Ibu sebagai orang tua tunggalnya. Ia sangat mencitai film karena masa kecilnya ia lewati dengan banyak menonton film Hollywood. Saat beranjak dewasa ia ingin lebih jauh belajar soal film, namun itu bukan pilihan yang baik karena di Kolombia saat itu belum banyak opsi profesi dalam industri. Atas alasan itulah ia belajar ilmu komunikasi di Universitas Externado de Colombia pada tahun 1994.

·         Pada usia 18 tahun Manrique bekerja sebagai kritikus film di sebuah koran. Kemudian pada tahun 1997 ia mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang audiovisual, sembari menjalankan pekerjaan sebagai creator dan editor di Pantalla Kolombia. Ia turut mengemban tugas sebagai produser film, konsultan komunikasi digital, dan kritikus film. Di sela-sela waktunya ia juga mengajar di beberapa kampus luar negeri.

·         Di dunia festival Manrique terkenal sebagai pendiri Bogosorts pada tahun 2003. Bogosort sejatinya adalah platform yang mempromosikan pengembangan ekosistem film pendek lewat pengembangan talenta, produksi, dan konsumsi film pendek. Terdiri dari tiga pilar, salah satu pilarnya adalah Bogota Short Film Festival. Bogoshort merupakan festival film kualifikasi untuk Academy Awards dari Amerika Serikat dan Goya Awards dari Spanyol. Bogoshorts bukan hanya festival. Platform ini juga bergerak sebagai agen film yang memasarkan dan mendistribusikan film pendek Kolombia serta Amerika Serikat.

·         Manrique ingin agar Bogoshort dapat mengangkat martabat film pendek, karena film pendek sama berharganya dengan film panjang. Menurut Manrique sudah saatnya para pemangku kepentingan dalam industri film menyadari kekuatan film pendek. Ia yakin bahwa masa depan film pedek akan cerah.

Permasalahan

Manrique adalah seorang yang lahir dari keluarga sederhana dan dibesarkan oleh seorang ibu sebagai orang tua tunggalnya. Ia sangat ingin mendalami tentang film, namun sinema di negaranya saat itu belum matang sehingga tidak banyak opsi profesi dalam industri. Namun, hal itu tidak menjadikan semangatnya surut. Sebaliknya, hal itulah yang menjadi motivasinya untuk mengembangkan industri perfilman di Negara Kolombia.

Opini saya

·         Kurangnya fasilitas dapat menurunkan semangat juang seseorang. Namun untuk sebagian orang, hal tersebut dapat menjadi motivasi untuk berjuang.

·         Jika menemukan jalan buntu untuk menuju suatu tujuan, maka buatlah sendiri jalan untuk mencapai tujuan tersebut.





1 komentar: