18.7.22

TETAP BISA S2 DITENGAH TUNTUTAN KERJA

 

TETAP BISA S2 DITENGAH TUNTUTAN KERJA

Oleh

Dea Khairun Nisa (21310410082)

Prodi Psikologi (Reguler)

Dosen Pembimbing:

Dr. Arundati Shinta, M.A

ESSAY UAS PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Kuliah sambil bekerja merupakan fenomena yang sering terjadi, yang memberikan tantangan tertentu bagi mahasiswa yang menjalani peran ganda tersebut. Yang memberikan sejumlah tantangan tersendiri dan menentukan sejauh mana mahasiwa yang kuliah sambil bekerja mampu melakukan penyesuaian diri secara positif atau efektif dalam menempuh dan menyelesaikan kuliah mereka. Tantangan tersebut bisa berupa waktu yang lebih sedikit untuk belajar (Mardelina & Muhson, 2017) dan juga prokrastinasi dalam menyelesaikan tugas perkuliahan (Arumsari & Muzaqi, 2016). Setelah menempuh dan memperoleh gelar sarjana, beberapa mahasiswa kemudian berminat dan memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang magister. Dalam pelaksanaannya dapat kita jumpai mahasiswa yang full time study, dan juga mahasiswa yang melanjutkan studi sambil bekerja dikarenakan berbagai alasan seperti faktor kurang kondusifnya ekonomi keluarga atau dorongan untuk menambah pengalaman dan jaringan kerja (Ario & Anganthi, 2020).

Pilihan untuk kuliah sambil bekerja tentunya memiliki manfaat dan risiko tersendiri bagi kelangsungan pendidikan mahasiswa dan di sisi lain bekerja juga menimbulkan efek negatif bagi mahasiswa. Ada beberapa hal yang perlu di pertimbangkan terlebih dahulu yaitu jadwal kuliah dan kerja, fisik, harus pandai mengatur waktu, bertanggung jawad atas keduanya. Nah salah satu yang paling penting adalah mengatur jadwa kuliah dan juga kerja karena tidak semua perusahaan memberikan keluangan atau cuti dan kesempatan kepada kariyawannya untuk mengikuti kegiatan kuliah atau ujian pada saat jam kerja.  Untuk itu, kamu perlu mencari kampus yang menyediakan kelas khusus karyawan agar kedua kegiatan tersebut tidak saling bertabrakan. Kalau tidak, cari tempat kerja yang lebih fleksibel dalam segi waktunya. Terdapat beberapa perusahaan yang tidak memiliki kelonggaran bagi kariyawannya, tentunya ini menjadi risiko tersendiri bagi para pekerja yang masih menempuh Pendidikan. Namun disamping itu perusahaan juga akan memberikan promosi terhadap kariyawan yang telah menyelesaikan pendidikannya. Mungkin kita merasa bahwa ini semua tidak adil, namun pada kenyataannya memang seperti itulah dunia kerja. Mau tidak mau dan siap tidak siap kita harus menghadapi situasi seperti ini kelak. 

Ada beberapa hal yang mungkin dapat membantu kita untuk menghadapi kondisi seperti ini. berikut adalah beberapa tips untuk anda yang sedang bekerja sambil kuliah :

a.       Berkomunikasi terhadap atasan dikantor, saat kita memutuskan untuk melanjutkan kuliah maka kita wajid untuk mengkomunikasikannya pada atasan kita. Agar Ketika ada kepentingan kuliah kita dapat berkompromi dengan atasan kita. Namun jika tetap tidak bisa paling tidak atasan anda mengetahuinya.

b.      Membuat jadwal kantor dan juga kampus, selain diatas kita juga harus pintar-pintar dalam me manaj waktu. Antara kepentingan kantor atau pekerjaan dengan tugas atau kewajiban kita sebagai mahasiswa. Selain itu juga untuk menghindari adanya bentrok jadwal.

c.       Membuat daftar mengeluaran, ini adalah hal paling penting bagi kita yang bekerja untuk membiayain Pendidikan kita. Agar nantinya tidak putus di tengah jalan.

d.      Jaga kondisi tubuh, factor utama untuk menunjang kegiatan kantor maupun kuliah adalah fisik kita. Jadi penting bagi kita untuk selalu menjaga fisik dan kondisi tubuh. Karena kita melakukan aktivitas double yaitu bekerja dan belajar. Tentu sangat melelahkan jadi jangan sampai nantinya kondisi fisik kita menjadi suatu kendala.

e.       Focus, menjalani dua aktivitas memang sangat melelahkan. Tidak hanya Kesehatan fisik tapi juga fikiran. Kurangi kegiatan-kegiatan yang kurang penting dan menguras cukup tenaga.

Setelah tips di atas semoga kita jadi termotivasi untuk selalu semangat. Tidak ada hal yang mudah untuk di jalani, semua ada konsekuensinya masing-masing. Apapun yang kita pilih sekarang tentunya kita perlu mencari tahu terlebih dahulu apa saja konsekuensi dan juga keuntungannya. Sehingga kita tidak salah Langkah dalam memilih keputusan. Begitu juga Ketika kita bekerja pada perusahaan yang memiliki aturan ketat. Yang mungkin tidak memberikan kita cukup ruang untuk melanjutkan Pendidikan. Tetapi ternyata ad acara lain yang bisa kita gunakaan agar tetap bisa melanjutkan Pendidikan dan tentunya tetap bekerja pada kantor tersebut, dimana kantor juga memiliki jaminan untuk mempromosikan kita kelak.

Kesimpulannya adalah sebelum kita mengambil suatu keputusan apalagi itu adalah keputusan yang besar. Alangkah lebih baik kita mencaritahu dahulu apa saja konsekuensi dan juga tanggungjawab yang kita terima besok. Jika kita telah yakin dan optimis dengan keputusan kita, pasti hal apapun akan terasa semakin mudah untuk dijalani. Terlebih Ketika kita memiliki ambisi yang cukup  besar. Terus percaya pada diri sendiri dan jangan lupa untuk selalu memberikan diri sendiri apresiasi.

 

 

DAFTAR PUSTAKA :

   Saya ambil dari https://indbeasiswa.com/2015/10/tips-sukses-bekerja-sambil-kuliah-s2.html

         Mardelina, E., Muhson, A. 2017. Mahasiswa Bekerja dan Dampaknya Pada Aktivitas Belajar dan Prestasi Akademik. Jurnal Economia. Vol 13(2) : 201-202

  Saya mengambil dari https://glints.com/id/lowongan/pertimbangan-s2-sambil-kerja/#.YtUTm3ZBzIV

 Saya mengambil dari https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/12/31/113125/4-pertimbangan-penting-sebelum-memutuskan-kuliah-sambil-kerja-agar-tak-keteteran

 

0 komentar:

Posting Komentar