4.7.22

PRESTASI BIDANG SASTRA

 

PRESTASI BIDANG SASTRA 

Nama : Rahayu Nur Kholifah 

Nim : 21310410079 

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A 

Psikologi Sosial 

Essay Prestasi 

FAKULTAS PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA 


Bicara mengenai prestasi banyak dari kita tentunya yang mengukir prestasi baik di bidang akademik ataupun non-akademik. Dibagian apapun bidangnya jika unggul maka tentu disebut prestasi.

Prestasi merupakan hasil yang telah dicapai oleh seseorang dalam melakukan kegiatan untuk berkompetensi dengan orang lain. Dan ternyata prestasi sangatlah penting untuk kita ukir dan kita kembangkan, mengapa penting ?

1.       Prestasi dapat menjadi penanda kuantitas dan kualitas yang dicapai dari suatu kegiatan

2.       Prestasi dapat menjadi pengalaman berharga dan bahan informasi point tambahan untuk masa depan

3.       Prestasi dapat menjadi kebanggaan bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain untuk memotivasi

Prestasi juga ada dua jenis yaitu prestasi akademik dan non akademik, apa perbedaannya?

Prestasi Akademik yaitu kemampuan yang diperoleh dari hal-hal yang sifatnya diluar ilmiah. Sedangkan Prestasi Non akademik  yaitu kemampuan yang tidak ada hubungannya dengan ilmu pengetahuan.

Adapun contoh dari prestasi akademik yaitu menguasai seluruh materi pembelajaran, menjadi juara kelas, juara olimpiade matematika, juara lomba cerdas cermat, dan bisa juga IPK Cumlaude.

Contoh dari prestasi non akademik yaitu juara debat bahasa inggris, juara karate, juara terbaik vocal, juara terbaik cipta sajak dan puisi. Cakupan prestasi non akademik ini lebih luas dari prestasi akademik karena kegiatan non akademik sangat beragam.

Dalam pengalaman pribadi saya pernah mengikuti sebuah ajang lomba dan menjadi juara dalam lomba tersebut. Lomba itu diselenggarakan oleh pihak organisasi kampus yang ada di bandung yaitu

 PERS BIRAMA UNIKOM dengan mengusung tema “Untaian Sajak”. Saya mengikuti lomba tersebut pada tahun 2020 dengan niat awal yang hanya mencoba-coba namun ternyata mengukir sebuah prestasi didalamnya. Mengikuti lomba cipta sajak adalah hal pertama kali bagi saya, namun saya mencoba semampunya dengan percaya diri karena saya berpikir mungkin dengan mengikuti beberapa ajang lomba saya bisa menemukan bakat lain yang ada dalam diri saya. Setelah memulai memikirkan ide untuk menciptakan satu karya sastra yaitu sajak, ternyata saya berhasil meraih juara 3 sajak terpopuler yang dimuat di sosial media (instagram). Suatu kebanggaan bagi saya bisa menjadi juara dalam ajang lomba dimana saya baru pertama kali mencoba, dari lomba itu saya menyadari bahwa ternyata ada bakat sastra yang cukup melekat dalam diri saya maka itu adalah tugas saya untuk mengembangkan bakat tersebut agar lebih tajam. Dan ini adalah karya saya dalam ajang lomba untaian sajak ini

 

BAGINDA MALAM

Karya : Rahayu Nur Kholifah

 

Jangan membenci sunyi karena merasa sepi

Menjadi angina bukan pilihanmu saat ini

Baginda malam memintamu untuk tetap berdiri

Letakan saja bola matamu ke atas, dan rasakan dinginnya laut lepas

Labuhkan segala letih pada rembulan agar tidak merasa sendirian

Jangan coba-coba mencuri cahayanya

Barangkali malam tak lagi bernyawa nantinya

 

 

Referensi :

Retnowati DR, Fatchan A, Astina IK. (2016). Prestasi Akademik dan Motivasi Berprestasi. Jurnal Pendidikan Teori. Journal um ac.id

SP Lidia Susanti. (2021). Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik Teori dan Penerapannya : Literasi Nusantara Abadi


0 komentar:

Posting Komentar