19.7.22

POLRI DAN PRAMUKA PEDULI LINGKUNGAN

 

UJIAN AKHIR SEMESTER 

Psikologi Lingkungan

ARGASYAH AHMAD AL KABIR

NIM. 20310410036

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2021/2022

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A

 


POLRI DAN PRAMUKA PEDULI LINGKUNGAN

Manfaat menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman, itulah salah satu hadits yang harus dijadikan pedoman oleh umat islam, dimana jika ingin beriman dia juga harus memelihara kebersihan. Lingkungan yang bersih adalah dambaan semua warga. Sampah merupakan masalah yang dihadapi hampir seluruh Negara di dunia. Tidak hanya di Negara-negara berkembang, tetapi juga di negara-negara maju, sampah selalu menjadi masalah. Rata-rata setiap harinya kota-kota besar di Indonesia menghasilkan puluhan ton sampah. Membuang sampah sembarangan merupakan hal yang sering kita lakukan padahal tidak jauh dari tempat itu ada tempat sampah. Sampah yang di pinggir jalan lebih banyak daripada sampah di tong sampah. akibatnya membuang sampah sembarangan tentu saja mengakibatkan kerugian yang tidak bisa dianggap sepele.

Pengendalian sampah yang paling sederhana dan efektif adalah dengan menumbuhkan kesadaran dari dalam diri sendiri untuk tidak merusak lingkungan dengan sampah. Mulailah tanamkan niat, bahwa, ‘’Aku harus membuang sampah pada tempatnya. Selain itu diperlukan juga kontrol sosial budaya masyarakat untuk lebih menghargai lingkungan. Peran Pemerintah dalam hal ini juga sangat diperlukan, dengan peraturan-peraturan dan sangsi-sangsi yang ada, diharapkan bisa meminimalkan perusakan lingkungan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.



Sebagai seorang anggota Polri agaknya perlu untuk memberikan kontribusi bagi lingkungan terutama dalam menanggulangi masalah sampah di lingkungan sekitar. Pemerintah dan masyarakat diharapkan mampu untuk bekerja sama dalam hal menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Pemerintah sebagai aparat negara selama ini sudah berperan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Peraturan Daerah tentang kebersihan dan kesehatan lingkungan telah diterbitkan oleh pemerintah dalam upaya menggalakkan kesadaran masyarakat terhadap kesadaran lingkungan. Selain itu, pemerintah juga sudah melakukan berbagai upaya dalam menjaga kebersihan dan kesehatan melalui Dinas Kebersihan.

Sebuah hal kecil yang kita kerjakan seperti membiasakan hidup sehat dengan menjaga lingkungan tempat kita tinggal bersih dari sampah, akan memberikan dampak yang luar biasa dimasa yang akan datang. Semoga dangan gerakan peduli lingkungan dapat menyelamatkan bumi kita dari limbah sampah yang makin hari makin menumpuk. Demikian tulisan yang dapat saya sajikan, bila terdapat kesalahan dalam penyampaian itu murni dari saya, dan bila ada lebihnya itu sebuah Karunia Dari Allah SWA. Terimakasih sudah mampir di blog saya. Saya arga, jangan lupa bahagia J

 

 DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2012. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah. Banjarmasin.

Ihsani. 20T2. Kesehatan Lingkungan. http : //www nisaihsani. com/kesehata nlingkungan/ 

Soedjajadi Keman. 2012. Pengaruh Lingkungan krhadap Kesehatan. Universitas Airlangga. Surabaya.

 

0 komentar:

Posting Komentar