21.7.22

Kepemimpinan Niccolo Machiavelli

 




Essay ini dibuat untuk Ujian Akhir Semester dengan dosen pengampu Dr. Arundati Shinta,M.A.

Disusun oleh : Diah Novita Sari (21310410111)

Psikologi Reguler

Fakultas Psikologi

Universitas Proklsmasi 45

Yogyakarta

Tahun Ajaran 2021/2022


Kepemimpinan merupakan sebuah bidang riset dan juga suatu keterampilan praktis yang mencakup kemampuan seseorang atau sebuah organisasi untuk "memimpin" atau membimbing orang lain, tim, atau seluruh organisasi. Menjadi seorang pemimpin memiliki karakteristik diantaranya :

1. Memiliki Pendirian Teguh

Sebagai pemimpin harus memiliki karakter pemimpin yang teguh akan pendirian, dan tidak mudah terpengaruh oleh perkataan orang lain.

2. Jujur

Memiliki karakter pemimpin yang jujur sangat penting dalam kepemimpinan. Karakter pemimpin yang baik harus selalu jujur kepada anggota tim atau kliennya atas setiap resiko yang dialami pemimpin, baik itu mengenai kerugian ataupun keuntungan yang dia alami oleh pemimpin tersebut.

3. Adil

Sebagai pemimpin, sikap adil sangatlah dibutuhkan dalam kepemimpinan Anda. Karakter pemimpin yang adil membuat setiap para karyawan Anda merasa akan keadilan yang Anda miliki terhadap mereka

4. Cerdas

Sebagai pemimpin harus memiliki pengetahuan yang luas, karakter pemimpin seperti ini sangatlah harus dimiliki. Sebab sebagai pemimpin, Anda juga harus memberikan ilmu pengetahuan Anda terhadap setiap karyawan Anda, dan mengajarkan mereka kepada pengetahuan yang mungkin belum mereka mengerti.

5. Mampu Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apapun

Didalam dunia bisnis, tentu setiap pemimpin akan merasakan masa dimana mereka mengalami jatuh dan bangun ketika membangun sebuah usaha. 

6. Komunikasi Yang Baik

Membangun komunikasi yang baik merupakan karakter pemimpin yang harus diterapkan kepada setiap karyawannya. Dengan Anda sering berkomunikasi dengan karyawan Anda, maka akan lebih mempermudah karyawan Anda untuk  mengerti akan maksud dan tujuan yang Anda berikan.

7. Bertanggung Jawab

Sebagai pemimpin sikap taggung jawab dan mental merupakan suatu hal yang harus diterapkan dalam setiap karakter pemimpin. Sebagai pemimpin harus siap menerima resiko yang mungkin saja terjadi pada bisnis yang sedang mereka jalankan.

8. Menginspirasi

Sebagai pemimpin Anda juga harus menjadi ispirasi bagi setiap karyawan Anda, karakter pemimpin yang dapat menginspirasi juga berdampak positif terhadap karyawan Anda, dengan begitu secara langsung Anda dapat memotivasi bawahan Anda

9. Keyakinan

Untuk menjadi pemimpin yang efektif, Anda harus memiliki karakter pemimpin yang cukup percaya diri untuk memastikan bahwa orang lain atau karyawan Anda mengikuti perintah Anda.

10. Empati

Memiliki rasa empati terhadap bawahan atau karyawan Anda, itu merupakan karakter pemimpin yang mempunyai rasa kepedulian terhadap karyawannya.

Berbicara tentang Niccolo Machiavelli, Machiavelli lahir di Firenze, Italia, sebuah kota yang berkembang pesat akibat perdagangan Timur-Barat semasa Perang Salib. Machiavelli adalah salah seorang filosof diantara para pendobrak tradisi filsafat Abad Pertengahan yang dipengaruhi oleh cara pandang yang metafisis. Machiavelli menekankan segi personalitas dalam diri pemimpin. Seorang pemimpin itu dapat berkuasa hanya apabila si pemimpin itu memahami secara tepat tentang pentingnya keterampilau dan bakat atau kekuatan yang diperlukan oleh seorang pemimpin dalam memimpin. Oleh sebab itu, kekuasaan yang dipahami oleh Machiavelli, tidak mungkin akan kuat dengan hanya mengandalkan kekuatan warisan atau dukungan rakyat semata. Dengan demikian, faktor pribadi adalah faktor penting dalam diri pemimpin, karena ia telah meletakkan suatu asumsi bahwa negara itu adalah sebuah bentuk yang impersonal. 

Lalu bagaimana jika sebagai salah satu anak buah, tentu merasa senang dan sangat mendukung pemimpin, karena hidup menjadi terjamin. Bagaimana pula jika seorang pemimpin memiliki karakter seperti Niccolo Machiavelli yang menghalalkan berbagai cara dalam mencapai tujuannya? Tentu saja jika kita menjadi salah satu anak buah akan merasa senang jika memiliki pemimpin yang dapat menjamin hidup kita, namun jika memiliki seorang pemimpin yang memiliki karakter seperti Niccolo Machiavelli yang peduli dengan diri pribadi dan mencari berbagai cara dan menghalalkannya untuk menguntungkan diri pemimpin itu bukalah hal yang benar, karna idealnya pemimpin sebaiknya memiliki karakteristik seperti yang sudah dijelaskan diatas.


Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Kepemimpinan (diakses pada tanggal 21 Juli 2022)

https://www.harmony.co.id/blog/10-karakter-pemimpin-yang-harus-anda-tahu-dan-terapkan (diakses pada tanggal 21 Juli 2022)

http://jhp.ui.ac.id/index.php/home/article/viewFile/232/167 (diakses pada tanggal 21 Juli 2022)

0 komentar:

Posting Komentar