6.6.22

UMKM sebagai sampingan pekerjaan bagi pelajar

Essay persyaratan Ujian Akhir Semester

Psikologi Industri dan Organisasi

(semester Genap 2021/2022)

Nia Zulkhaini (21310410097)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

UMKM atau usaha mikro kecil menengah adalah istilah umum dalam dunia ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun suatu badan usaha. Berdasarkan undang-undang No 22 tahun 2008 Peggolongan UMKM didasarkan kepada batasan omzet pendapatan per tahun, jumlah kekayaan aset, serta jumlah karyawan.

Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan suatu anak perusahaan atau cabang yang dimiliki, kriteria usaha kecil adalah kekayaan bersih berkisar lebih dari 50 juta sampai 500 juta, dan itu tidak termasuk tanah dan bangunan usaha.

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri atau bukan termasuk anak dari perusahaan atau cabang tertentu. Kriterianya yaitu jumlah keka]yaan bersih harus lebih dari 500 juta hingga paling banyak 10 miliar.

Berdasarkan perkembangannya UMKM diklasifikasikan menjadi 4 kriteria yaitu yang pertama (Livelihood Activities) merupakan UMKM yang digunakan sebagai kesempatan kerja untuk mencari nafkah.umumnya disebut dengan sektor informal. Kedua (Micro Enterprise) merupakan UMKM yang memiliki sifat pengrajin, tetapi tidak bersifat kewirausahaan. Ketiga (Small Dynamic Enterprise) merupakan UMKM yang telah memiliki jiwa kewirausahaan serta mampu menerima pekerjaan subkontrak dan ekspor. Keempat ( Fast Moving Enterprise) merupakan UMKM yang telah memiliki jiwa kewirausahaan dan akan melakukan transformasi menjadi usaha besar.

Teman saya pernah bekerja sebagai pegawai UMKM yaitu penjual dimsum. Dimsum merupakan makanan ringan khas Tiongkok. Hidangan yang pada umumnya berukuran kecil sehingga dijadikan sebagai teman minum teh. Saat ini dimsum merupakan salah satu makanan favorit di kalangan masyarakat. Hal ini lah yang dapat menjadi peluang untuk membetuk UMKM penjualan dimsum. UMKM ini juga bisa menjadi peluang pekerjaan untuk sampingan anak sekolah maupun mahasiswa yang memanfaatkan waktu luangnya selama pandemi covid. Dibawah ini ada sedikit hasil wawancara saya dengan teman saya yang pernah bekerja sebagai pegawai UMKM.

Apakah ada target dalam penjualan dimsum selama sehari? Teman saya menjawab “tentu saja ada, target dalam sehari penjualan dimsum harus terjual minimal 10 porsi dan alhamdulillahnya setiap hari selalu mencapai target bahkan lebih”

Adakah reward yang diberikan untuk pegawai atas kerja kerasnya juga sebagai dorongan untuk lebih semangat bekerja? “ya, reward diberikan dalam bentuk liburan kerja dengan jalan-jalan, setiap sebulan sekali selalu ada piknik bersama dan dengan berkembangnya cabang usaha sehingga ada banyak pegawai, saat ada pegawai yang akan resign pasti juga akan mengadakan piknik bersama sebagai kenang-kenangan terakhir dan sebagai ucapan terimakasih karena sudah menjadi bagian dari kami”

 

Daftar pustaka :

https://m.liputan6.com/hot/read/4724452/dimsum-makanan-ringan-dari-tiongkok-ini-sejarah-dan-jenisnya

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Usaha_mikro_kecil_menengah

https://www.jurnal.id/id/blog/apa-itu-arti-yang-dimaksud-pengertian-umkm-artinya-adalah/

0 komentar:

Posting Komentar