6.6.22

"SUKSES BERWIRAUSAHA ROTI BAKAR, SEORANG PEMUDA MERAUP OMSET 15 JUTA PERBULAN"

 ESSAY 3 PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Oleh:

Arya Apolonio (21310410109)

Kelas (Reguler)

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.


FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


"SUKSES BERWIRAUSAHA ROTI BAKAR, SEORANG PEMUDA MERAUP OMSET 15 JUTA PERBULAN"




Berkarir dalam dunia wirausaha dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk di geluti para generasi milenial masa kini. Karena mengingat sangat sedikitnya lowongan pekerjaan yang ada di negara kita hingga membuat ketidakstabilan antara perekonomian dan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat. Maka dari itu banyak sekali kita temui para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di berbagai penjuru daerah yang menjual berbagai macam bentuk makanan, kerajinan dan lain-lain. Dalam berwirausaha pada dasarnya tidak hanya di lakukan dan di jalankan oleh perusahaan-perusahaan besar saja, melainkan dapat juga di lakukan bagi perorangan ataupun siapa saja yang tertarik dalam bidang tersebut.

Wirausaha sendiri adalah sebuah kegiatan usaha atau suatu bisnis mandiri yang setiap sumber daya dan kegiatannya dibebankan kepada pelaku usaha atau wirausahawan terutama dalam hal membuat produk baru, menentukan bagaimana cara produksi baru, maupun menyusun suatu operasi bisnis dan pemasaran produk serta mengatur permodalan usaha. Wirausaha memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan sebelum diolah.

Sama halnya dengan yang di lakukan oleh seorang pemuda bernama "El Vanosi" ia mengatakan sangat senang bekerja sebagai pelaku usaha. Kebetulan sejak duduk di bangku SMA hingga lulus ia memiliki sebuah usaha kuliner yaitu roti bakar. Saat di temui jumat, 3 juni 2022 pukul 14:00 WIB ia menceritakan pengalamannya dalam berwirausaha, dimana dalam awal merintis usaha banyak tantangan yang di hadapkan pada saat itu. Tantangan utamanya adalah sabar, karena ketika memulai kita perlu bersabar untuk membuat sebuah pasaran terlebih dahulu "tuturnya". Adapun alasan utamanya untuk bergelut ke dalam wirausaha adalah karena dalam bekerja sebagai pelaku usaha tidak adanya aturan-aturan tertentu dalam bekerja, karena dalam dunia wirausaha kita akan menjadi sebagai karyawan dan kita juga yang menjadi bosnya, sedangkan apabila bekerja yang banyak memberikan sebuah aturan, perintah dan tekanan sangat tidak menyenangkan sekali tuturnya. Usaha roti bakar yang telah di rintis sejak tahun 2019 silam, kini sudah berhasil meraup omset 15 juta per bulan. Ia merasa sudah cukup senang dan bersyukur karena usahanya dapat berjalan dengan lancar hingga kini. Bahkan ia juga berencana untuk membuka cabang baru agar usaha yang ada dapat berkembang dengan pesat dan juga dapat membantu mempekerjakan anak-anak muda yang masih belum memiliki pekerjaan.


Daftar pustaka:

1. https://www.jurnal.id/id/blog/apa-itu-wirausaha-bagaimana-cara-menjadi-wirausaha-sukses/

2. El Vanosi sebagai sumber wawancara pelaku usaha mikro kecil dan menengah

0 komentar:

Posting Komentar