6.6.22

Peran Mahasiswa Sebagai Penyalur UMKM Masyarakat Sekitar

 Psikologi Industri dan Organisasi
Semester Genap TA 2021/2022
 Oleh : Ahmad Helmy Fauzan 
(21310410091)
Kelas Reguler
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
Dosen Pengampu : Dr. Arunati Shinta, MA



UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pengertian UMKM ini bahkan telah ditetapkan oleh pemerintah dalam UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 

Secara umum, apa itu UMKM adalah sebuah bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. Penggolongan UMKM dilakukan berdasarkan nominal omzet per tahun, jumlah kekayaan atau aset, serta jumlah karyawan. 

UMKM banyak dilakukan oleh berbagai kalangan, pria ataupun wanita, muda ataupun tua. Karena usaha sangat menjanjikan baik untuk sampingan ataupun kerja pokok. Secara keuntungan juga menjanjikan. 

Peran mahasiswa yang sering saya dapati dalam bidang UMKM adalah sebagai penyalur yaitu reseller atau dropshipper. Seperti yang saya tanyakan kepada seorang teman saya yang juga bergerak di bidang jasa penyaluran ini, mereka ikut menjualkan atau mempromosikan produk para pelaku UMKM. Tentunya ini akan memudahkan pelaku UMKM untuk usahanya agar lebih berkembang. 

Ini sangat relevan dengan kegiatan mahasiswa yang tentunya tidak mempunyai banyak waktu untuk untuk melakukan UMKM yang mereka buat sendiri karena jadwal kuliah yang padat dan aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan. 

Untuk menjadi reseller atau dropshipper tidak dibutuhkan banyak tenaga dan waktu, Hal itu karena untuk mencari konsumen dapat lakukan melalui media elektronik seperti gawai. Melalui promosi yang ditampilkan melalui aplikasi ataupun media sosial yang mereka punya dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli. 

Biasanya yang sering dijumpai adalah mereka menjualkan produk pelaku UMKM yang berupa properti, barang keperluan sehari-hari, fashion dan sebagainya. Menjual barang seperti itu dapat memperoleh hasil atau keuntungan yang berlipat dibandingkan dengan menjual makanan. Harga dari pelaku UMKM yang tentunya ekonomis bisa disulap menjadi harga fantastis yang tentunya melihat dari harga pasaran. Dan apabila bisa mengubah sedikit saja pada produk seperti di beri merk ataupun kemasan yang premium harga barang tersebut juga akan mengikuti premium. 

Jadi mahasiswa sebagai reseller atau dropshipper sangat menguntungkan bagi para pelaku UMKM yang ada di sekitarnya tanpa takut kehabisan akal untuk menjual produknya. 








Referensi: 

Rizeki. Dini N (2022) "UMKM adalah: Pengertian hingga Contohnya di Indonesia". https://majoo.id/solusi/detail/umkm-adalah. Diakses pada 6 Juni 2022.

0 komentar:

Posting Komentar