6.6.22

PERAN MAHASISWA DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN UMKM MASYARAKAT



Essay 3 Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Penngampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Disusun Oleh : Tiyas Wulandari (21310410108)

Semester Genap T.A 2021/2022

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha. UMKM memberikan peluang cukup baik bagi pelaku usaha dalam membuka lapangan kerja baru. UMKM juga memiliki peran penting dalam mendukung pergerakaan pembangunan serta perekonomian negara. Perkembangan UMKM akan semakin baik dan berkembang jika masyarakat turut mendukung dan berpartisipasi, terutama mahasiswa.

Kondisi usaha mikro di lingkungan masyarakat saat ini  masih dibilang kurang maksimal, karena sebagian besar belum memiliki legalitas usaha, yaitu Nomor Izin Berusaha dan minimnya pemahaman mengenai UMKM. Dengan demikian peran mahasiswa sangat diperlukan dalam megembangkan kegiatan UMKM di masyarakat. Peran mahasiswa dalam mendukung berkembangnya UMKM seperti memberikan pemahaman mengenai pengetahuan pemasaran yang baik, pengenalan promosi melalui media sosial serta pembayaran digital, mengadakan praktik pengembangan keratifitas usaha, dan mencintai produk dalam negri dengan membantu membeli produk lokal agar pelaku UMKM dapat terus berkembang.

Peran mahasiswa dalam mendukung pelaku UMKM di masyarakat, salah satunya dengan terjun dalam kegiatan UMKM itu sendiri. Saya melakukan observasi dan wawancara kepada seorang mahasiswa yang merupakan karyawan toko usaha UMKM di Dusun Pringwulung, Desa Krambilsawit. Karyawan tersebut sekaligus anak dari Pemilik UMKM warung kelontong. Dengan hasil wawancara sebagai berikut:

Pewawancara  : “Sejak kapan usaha toko kelontong ini dirintis mbak?”

Karyawan toko: “Usaha ini dirintis sejak tahun 2019, diawali dari membuat keripik talas sederhana alhamdulillah usaha semakin berkembang dan bisa membuka toko kelontong ini”.

Pewawancara  : “Apakah usaha yang telah didirikan saat ini sudah memiliki ijin usaha?”

Karyawan toko: “Iya, saat ini sudah memiliki NIB dan ijin usaha, yang mana perijinan tersebut saya urus sendiri melalui aplikasi OSS, saya selaku karyawan sekaligus anak dari pemilik UMKM membantu mulai dari perintisan usaha sampai dengan saat ini.”.

Pewawancara  : “Apa yang menjadi kendala dalam menjalankan usaha UMKM ini mbak?”

Karyawan toko: “Menurut saya yang menjadi kendala utama adalah modal, usaha ini diawali dengan pembuatan kripik rumahan yang menggunakan modal seadanya. Sampai pada akhirnya usaha penjualan kripik cukup menuntungkan, dan kita mendapat cukup modal untuk membuka warung kelontong ini.”

Pewawancara  : “Sebagai seorang mahasiswa sekaligus pelaku usaha apakah anda tidak kesulitan membagi waktu?”

Karyawan toko: “Berhubung kuliah saat ini masih dilakukan secara daring, Saya masih bisa membagi waktu sebaik mungkin agar bisa aktif kuliah dan membantu mengurus jalannya UMKM ini.”

Pewawancara  : “Usaha seperti apa yang anda lakukan untuk membantu mengelola UMKM yang telah dirintis Ibu anda?”

Karyawan toko: “Seperti yang telah saya sampaikan, bahwa saya membantu mulai dari perintisan usaha, pengurusan ijin usaha, melakukan promosi melalui media sosial, dan saat ini saya membantu menjaga warung kelontong”.

Pewawancara  : “Baik mbak, terimakasih telah menyempatkkan waktu untuk menyampaikan informasi ini, dan saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam wawancara ini”

            Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah saya lakukan, dengan demikin dapat disimpulkan bahwa sebagai mahasiswa yang terjun dalam kegiatan UMKM memberikan dampak yang cukup baik. Ketika mahasiswa mampu mengelola waktu dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan mereka bisa membantu mengembangkan kegiatan UMKM. Dengan semakin berkembangnya UMKM di masyarakat, maka akan menambah lapangan kerja dan diharapkan kegiatan perekonomian negara semakin baik pula. Tidak hanya itu, selain menjadi karyawan pelaku UMKM akan lebih baik jika mahasiswa juga mulai merintis bisnis UMKM sendiri.

 

DAFTAR PUSTAKA

Asiyah, BN. (2021). Pelatihan, Pendampingan Perizinan Berusaha Produk UMKM melalui Peran Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Inspirasi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat , 2 (1), 1–8. Diperoleh dari https://journal.inspirasi.or.id/jppm/article/view/104

https://stieparipurna.ac.id/blog/peran-mahasiswa-dalam-pengembangan-umkm/

0 komentar:

Posting Komentar