6.6.22

PERAN MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN UMKM MELALUI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT

 


Essay 3 Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Disusun Oleh : Tiyas Wulandari (21310410108)

Semester Genap T.A 2021/2022

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha. UMKM memberikan peluang cukup baik bagi pelaku usaha dalam membuka lapangan kerja baru. UMKM juga memiliki peran penting dalam mendukung pergerakaan pembangunan serta perekonomian negara. Perkembangan UMKM akan semakin baik dan berkembang jika masyarakat ikut berpartisipasi. Perkembangan tersebut juga dapat didukung perguruan tinggi dan peran mahasiswa didalamnya.

Saat ini kondisi usaha mikro di lingkungan masyarakat masih dibilang kurang maksimal, karena sebagian besar belum memiliki legalitas usaha, yaitu Nomor Izin Berusaha dan minimnya pemahaman untuk memberikan pendampingan UMKM. Pada umumnya legalitas dianggap belum penting dan kehadirannya membutuhkan biaya. Selain itu proses yang panjang dalam pengurusan izin, serta kurangnya wawasan dan kemampuan digital masyarakat juga menjadi  latar belakang rendahnya usaha mikro dalam pengurusan legalitas. Dengan demikian peran mahasiswa sangat diperlukan dalam memberikan pendampingan kepada masyarakat, melalui program pengabdian masyarakat.

Mahasiswa dapat membantu memberikan bimbingan pengurusan legalitas usaha mikro,  melalui prosedur pengurusan legalitas usaha pada aplikasi digital oss.go.id yang telah di terbitkan Pemerintah melalui Kementerian Penanaman Modal (BKPM). Melalui aplikasi ini, usaha mikro diberikan kemudahan urus legalitas usaha dan tidak berbayar. Selain itu, peran mahasiswa dalam mendukung berkembangnya UMKM antara lain:

1. Memberikan penyuluhan mengenai pengetahuan pemasaran yang baik, seperti pengenalan promosi melalui media sosial dan pembayaran digital

2.  Mengadakan paktik pengembangan keratifitas usaha

3.  Mengadakan forum pertemuan antar pelaku usaha dan investor

4.  Mencintai produk dalam negri, dengan membantu membeli produk lokal agar pelaku UMKM dapat terus berkembang.

Peran mahasiswa dalam mendukung pelaku UMKM di masyarakat, melalui pelatihan dan pendampingan perizinan berusaha telah berhasil membantu. Hal tersebut dibuktikan dengan berkembangnya kegiatan UMKM di Dusun Pringwulung, Desa Kraambilsawit, Kecamatan Saptosari. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah saya lakukan dengan salah satu pelaku UMKM, dengan hasil wawancara sebagai berikut:

Pewawancara  : “Sejak kapan itu membangun usaha es cincau dan aneka bakso ini?”

Narasumber    : “Saya mulai usaha jual es cincu sudah cukup lama sejak 2016, akan tetapi untuk  usaha bakso baru baru ini dimulai”.

Pewawancara  : “Apakah usaha yang telah Ibu dirikan saat ini sudah memiliki ijin usaha bu?”

Narasumber    : “Iya , saat ini usaha saya sudah memiliki NIB dan ijin usaha”.

Pewawancara : “Apakah Ibu mengurus semuanya sendiri atau dengan bantuan pibak lain untuk mengurus surat surat tersebut ?”

Narasumber   : “Saya mendaftarkan sendiri usaha melakui aplikasi OSS mbak, saya juga mendapat tambahan modal dari pemerintah untuk UMKM yang saya dirikan. kemaren juga ada penyuluhan dari mahasiswa yang sedang KKN di dusun sini. Dan itu juga memberikan informasi yang sangat bermanfaat”

Pewawancara  : “Kalau boleh tahu, penyulukan terkait apa saja bu?”

Narasumber    : “Mahasiswa tersebut mengumpulkan beberapa pelaku usaha di Dusun Pringwulung dan memberikan pengarahan untuk melakukan legalitas usaha. Bagi yang belum mendaftar UMKM akan dibantu mendaftarkan. Selain itu para pelaku usaha juga diperkenalkan mengenai pembukuan KAS. Tidak hanyaa itu mbak, kami juga dibantu untuk pemetaan lokasi usaha melalui google dan itu sangat membantu”.

Pewawancara  : “Baik bu, terimakasih telah menyempatkkan waktu untuk menyampaikan informasi ini, dan saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam wawancara ini”

            Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah saya lakukan diatas, dengan demikin dapat disimpulkan bahwa melalui program pengabdian masyarakat mahasiswa mampu membantu dan membimbing pelaku UMKM untuk memaksimalkan kegiatan usaha yang telah dibentuk. Sehingga berkembangnya UMKM di masyarakat mampu menambah lapangan kerja dan diharapkan kegiatan perekonomian negara semakin baik pula. Tidak hanya itu, selain membimbing pelaku UMKM, akan lebih baik jika mahasiswa juga turut merintis bisnis UMKM.

 

DAFTAR PUSTAKA

Asiyah, BN. (2021). Pelatihan, Pendampingan Perizinan Berusaha Produk UMKM melalui Peran Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Inspirasi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat , 2 (1), 1–8. Diperoleh dari https://journal.inspirasi.or.id/jppm/article/view/104

https://stieparipurna.ac.id/blog/peran-mahasiswa-dalam-pengembangan-umkm/

0 komentar:

Posting Komentar