6.6.22

Peran Mahasiswa Dalam Mendirikan UMKM

Peran Mahasiswa Dalam Mendirikan UMKM

Essay Persyaratan Ujian Akhir Semester

Psikologi Industri & Organisasi

(Semester 2 Genap 2022/2023)

Nurul Mawaddah (21310410028)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu    : Dr. Arundati Shinta, M.A


UMKM adalah unit usaha produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha di semua sektor ekonomi. Secara umum, tujuan atau sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang tangguh dan mandiri yang memiliki daya saing tinggi dan berperan utama dalam produksi dan distribusi kebutuhan pokok, bahan baku, serta dalam permodalan untuk menghadapi persaingan bebas. Menurut salah seorang mahasiswa yang sekarang sedang menggandrungi bisnis kedai kopi sangat perlu untuk belajar dan mencoba untuk mendirikan UMKM sendiri dan motivasinya membangun sebuah UMKM tersebut agar dapat memiliki pengalaman dalam dunia usaha dan berpenghasilan sendiri pada usia muda.

Pastinya ada faktor-faktor yang akan membuat UMKM berhasil. “Sejauh ini faktor yang sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha saya yaitu, faktor keuangan atau modal usaha dan komitmen untuk terus berinovasi membangun usaha, faktor lokasi yang juga lumayan nyaman, dan faktor promosi” (AU).

Bagaimana cara promosi yang efektif agar banyak orang yang mengetahui tentang usahanya? “Sekarang sangat mudah untuk mempromosikan suatu usaha, hanya melalui media sosial posting-posting foto atau video dengan konsep yang menarik agar orang-orang tertarik” (AU). Promosi sangat efektif dilakukan melalui media online terutama lebih efektif dilakukan promosinya melalui media sosial dibandingkan promosi melalui media elektronik, dan media cetak. Selain media sosial yang efektif dalam mempromosikan, juga media online melalui Situs e-commerce transaksional, seperti Shopee dan saluran promosi seperti Website atau Blog. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Promosi melalui media online sangat efektif dilakukan melalui media sosial seperti whatsapp, instagram, facebook, twitter, dan media sosial lainnya.

Jadi jangan pernah takut untuk mendirikan suatu usaha meskipun masih menjadi seorang mahasiswa jika mempunyai modal usaha dan komitmen yang kuat. Mahasiswa merupakan generasi muda yang dapat menghadirkan perubahan dari masa ke masa. Mahasiswa harus dapat berperan lebih dalam mengembangkan UMKM di tengah masyarakat, jangan sampai perusahaan besar terus mendominasi dalam pendirian usaha.

 

Daftar Pustaka                        :

http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8370/5/BAB%20II.pdf


 

0 komentar:

Posting Komentar