4.6.22

Kolaborasi Antara UMKM Dan Mahasiswa Milenial Ditengah Pandemi


 

ESSAY 3 PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, MA.

Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Alwiyah Dwi Pratiwi (21310410034)

Kelas A (Reguler)

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Kolaborasi antara UMKM Dan Mahasiswa Milenial Ditengah Pandemi


Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM merupakan suatu usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Usaha Mikro Kecil Menengah adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Secara lebih jelas, pengertian UMKM diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Menengah. Dalam Undang-Undang tersebut disebutkan bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah adalah sesuai dengan jenis usahanya yakni usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah.

Belakangan ini kerap muncul berbagai jenis UMKM baru karena adanya pandemi Covid-19. Para pelaku usaha melakukan kegiatan tersebut tak lain karena terkena dampak pandemi. Ada yang kehilangan pekerjaan, sengaja keluar dari pekerjaan, atau karena adanya pembatasan kerja yang membuat para pekerja tidak dapat melakukan pekerjaannya dan harus tinggal di rumah. Hal ini tentu membuat pendapatan yang diperoleh menjadi berkurang dan terpaksa harus mencari alternatif lain agar penghasilannya tetap stabil. 

Selain itu adanya kebijakan pembelajaran daring oleh pemerintah juga membuat sebagian besar pelajar atau mahasiswa mulai mencoba untuk mengembangkan usaha. Meskipun demikian, ada pula pelaku usaha yang memang sudah memulai usahanya sejak sebelum pandemi. Salah satunya adalah seorang mahasiswa yang mengelola UMKM.

Mahasiswa yang mengelola UMKM saat ini mungkin bisa disebut dengan mahasiswa milenial.  Mahasiswa milenium tentu memiliki strategi pengelolaan bisnis yang berbeda dari generasi pra-milenium. Hingga saat ini sudah terlihat perkembangan yang sangat baik dari mahasiswa milenial yang mengelola UMKM sejak usaha nya dimulai. Perlahan tapi pasti, dari waktu ke waktu berbagai perubahan dalam usahanya telah terjadi.

Lalu bagaimana cara yang dapat dilakukan agar usaha yang dikelola dapat berkembang dengan baik? Berikut adalah beberapa strategi yang dilakukan mahasiswa milenial dalam mengembangkan usahanya.

1. Merencanakan Keuangan Dengan Baik

Salah satu cara untuk pengelolaan keuangan yang lebih baik adalah dengan sistem pencatatan yang rapih serta membuat laporan keuangan secara rutin. 

2. Melakukan Inovasi Yang Berkelanjutan

Inovasi sangat diperlukan dalam bisnis. Pelanggan biasanya memiliki sifat mudah bosan dan cenderung ingin sesuatu yang baru. Agar pelanggan tidak tidak berpaling untuk itu penting dilakukan inovasi dalam produk usaha.

3. Memanfaatkan Media Sosial

Di era digital seperti sekarang, tentu peran dari media sosial sangat powerful dalam melakukan kegiatan apapun apalagi digunakan sebagai media untuk memasarkan usaha kecil menengah. Dengan keterampilan menggunakan media sosial yang dimiliki pemilik umkm milenial dapat di manfaatkan untuk melakukan promosi UMKM untuk jangkauan yang lebih luas.

4. Mengutamakan Pelayanan Maksimal Kepada Konsumen

Pelayanan konsumen merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pengembangan usaha yang. Pelayanan terbaik dan ramah yang diberikan kepada konsumen akan membuat mereka bertahan dan memilih produk kita. Serta pelayanan yang memuaskan akan membuat konsumen menjadi lebih nyaman dan enggan untuk berpindah kepada produk usaha yang lain.

Dengan adanya kolaborasi antara Usaha Mikro Kecil Menengah dan mahasiswa, untuk kedepannya diharapkan dapat memberikan dampak yang baik bagi para pelaku usaha lainnya dan meningkatkan pendapatan ekonomi di tengah pandemi.





Daftar Pustaka

Nur Jamal Shaid.19 Januari 2022.Pengertian UMKM, Kriteria, Ciri dan Contohnya.Kompas.com.https://money.kompas.com/read/2022/01/19/051518426/pengertian-umkm-kriteria-ciri-dan-contohnya?page=all. Diakses pada 3 Juni 2022


0 komentar:

Posting Komentar