11.6.22

BERPERAN SERTA DALAM PEMBINAAN PRESTASI SESUAI BAKAT DAN MINAT SISWA

 

PSIKOLOGI SOSIAL

Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Anisa Zakiatun Nufus (21310410083)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

      Prestasi adalah hasil yang didapatkan dari usaha yang telah dikerjakan, prestasi sendiri merupakan indikator penting dari hasil yang diperoleh selama mengikuti pendidikan. Setiap siswa tentu bisa memperoleh prestasi sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki, baik prestasi akademik maupun non-akademik bila  dikembangkan dan ditekuni dengan baik dan sungguh-sungguh. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkat bakat dan minat siswa adalah mengkuti berbagai kegiatan yang ada di sekolah, yang bisa mengasah bakat siswa dibidang akademik maupun non-akademik misalnya ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler bisa diikuti siswa sebagai tempat untuk mengembangkan dan menggali potensi yang mereka miliki.

      Selain itu, harus terjalin kerja sama yang baik antara guru, siswa, dan organisasi yang ada disekolah untuk menjalankan semua kegiatan yang berhubungan dengan pengembangaan dan pembinaan prestasi siswa, agar bisa mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

      Salah satu organisasi yang berperan sebagai wadah bagi siswa di sekolah untuk pembinaan bakat dan minat  adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS.  OSIS merupakan pusat kegiatan pembinaan kesiswaan di sekolah yang bertujuan untuk pengembangan minat, bakat serta potensi siswa. OSIS berperan dalam mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan siswa yang sesuai dengan visi-misi sekolah. OSIS juga sebagai penggerak dan motivator yang menyebabkan lahirnya keinginan serta semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan, dan menjadi fasilitator berjalannya event-event di sekolah.

      Saya sendiri sudah aktif menjadi pengurus osis sejak masih SMP, sampai saya duduk dibangku SMK. Di osis saya menjabat sebagai Seksi Bidang Pembinaan Prestasi Akademik, Seni, dan Olahraga Sesuai Bakat dan Minat, masa bakti 2019/2020.



      Selama menjabat sebagai pengurus osis, tentu banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan. Semua progam kerja yang saya dan teman-teman osis susun berjalan dengan baik. Selain menyukseskan progam kerja, osis juga menumbuhkan rasa kekeluargaan antar siswa lewat event-event yang diadakan oleh osis, sebagai sekbid yang bergerak di bidang pembinaan prestasi akademik dan non-akademik, tentu progam kerja yang saya dan teman-teman sesama sekbid susun harus sesuai dan berkaitan dengan dengan sekbid yang kami jabat. Sekbid pembinaan prestasi ini bergerak dan berpartisipasi sebagai penyelenggra kegiatan baik lomba, atau event yang berkaitan dengan prestasi akademik dan non-akademik, seperti:

1. Classmeeting, kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya di akhir semester. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengeluarkan semua bakat dan minat siswa seperti pertandingan futsal antar kelas, pertandingan voli, dan pertandingan catur

2.     Sebagai tuan rumah FLS2N tingkat kabupaten, FLS2N atau (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) adalah kegiatan akbar di bidang seni dan budaya yang melibatkan seluruh siswa-siswi jenjang pendidikan dasar dan menengah. Yang bertujuan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik dalam bidang seni, budaya, dan literasi.

3.   Mengadakan lomba-lomba yang kreatif setiap peringatan hari besar nasional seperti hari guru, hari batik, hari kemerdekaan dan masih banyak lagi,

4.   Sharing On Forum, dengan mengkoordinir semua ekskul yang ada di sekolah untuk rapat rutin dan membahas perkembangan progam kerja dari masing-masing ekskul. Serta mencari solusi bersama untuk masalah ekskul dan mempererat tali silaturahmi antar pengurus OSIS dan pihak ekskul.

      Dan masih banyak lagi proker dari sekbid saya  yang sudah terlaksana, dengan menjadi pengurus osis, merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi saya, selain menjalin kekeluargaan antar pengurus, di osis  saya banyak belajar tentang leadership, bagaimana kegiatan yang dilaksanakan harus sukses dan menjadi ketua acara yang bertanggung jawab, selalu berpikir kritis, dimana selalu menyiapkan plan b atau rencana cadangan setiap akan mengadakan suatu acara untuk meminimalisir kesalahan yang akan terjadi. Menjadi pengurus osis juga bisa menambah kepercayaan diri dan meningkatkan kemapuan public speaking saya.




0 komentar:

Posting Komentar