18.5.22

Temu Kangen (kegiatannya telah usai kenangannya masih tersimpan rapi)

UTS Psikologi Sosial

Maliqazuhra Iqbal (21310410003)

Kelas Reguler

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Semester Genap T.A 2021/2022

Dalam temu kangen yang biasa orang-orang lakukan ternyata kegiatan tersebut merupakan bagian dari Psikologi Sosial loh…Dimana teori tersebut ada dikemukan oleh ahli psikologi social David McClelland. David McClelland lalu membagi tingkat kebutuhan seseorang tersebut kedalam 3 bagian:

a.       Kebutuhan akan Prestasi ( Need for Achievement )

McClelland menyebutkan bahwa orang-orang dengan kebutuhan akan prestasi tinggi ini sebagai akan  menetapkan target yang menantang untuk diri sendiri dan mengambil risiko yang disengaja untuk mencapai target yang ditetapkan tersebut. Individu yang memiliki kebutuhan akan pencapaian ini mencari cara yang inovatif dalam melakukan pekerjaan. Mereka menganggap pencapaian tujuan sebagai hadiah dan menghargainya lebih dari sekadar hadiah finansial.

Contoh Kebutuhan akan Pencapaian ini diantaranya seperti seorang pengacara yang memenangkan kasus dan diakui oleh banyak orang ataupun Seorang pelukis yang berhasil melukis sebuah lukisan terkenal.

 

b.      Kebutuhan akan Afiliasi ( Need for Affiliation )

Kebutuhan untuk berafiliasi adalah dorongan seseorang untuk memiliki hubungan interpersonal dan sosial dengan orang lain atau sekelompok orang tertentu. Mereka berusaha untuk bekerja dalam kelompok dengan menciptakan hubungan yang ramah dan memiliki keinginan yang kuat untuk disukai oleh orang lain. Orang-orang ini cenderung suka berkolaborasi dengan orang lain dalam bersaing dan biasanya akan menghindari situasi yang berisiko tinggi ataupun menghindari situasi yang penuh dengan ketidakpastian.

Mereka bukan pencari risiko dan lebih berhati-hati dalam melakukan pekerjaannya. Individu-individu ini bekerja secara efektif dalam peran yang didasarkan pada interaksi sosial, seperti  layanan klien (customer service) dan tugas-tugas yang dapat berinteraksi pelanggan lainnya.

 

c.       Kebutuhan akan Kekuasaan ( Need for Power )

Kebutuhan akan kekuasaan adalah keinginan dalam diri seseorang untuk memegang kendali dan wewenang atas orang lain dan memengaruhi serta mengubah keputusan sesuai dengan kebutuhan atau keinginannya sendiri. Individu tersebut akan termotivasi oleh kebutuhan akan reputasi dan harga diri. Individu yang memiliki kekuasaan dan otoritas yang lebih besar akan melakukan lebih baik daripada mereka yang memiliki kekuasaan kecil.

Umumnya, manajer dengan kebutuhan akan kekuasaan yang tinggi akan menjadi manajer yang lebih efisien dan sukses. Mereka lebih bertekad dan loyal kepada organisasi tempat mereka bekerja. Kebutuhan akan kekuasaan tidak harus selalu dianggap negatif. Ini dapat dipandang sebagai kebutuhan untuk memiliki efek positif pada organisasi dan untuk mendukung organisasi dalam mencapai tujuan organisasinya.

Nah, temu kengen sendiri termasuk kedalam bagian kebutuhan afiliasi yang sering disebut juga dengan kebutuhan akan kelompok pertemanan ataupun sahabat. Sebagai contohnya ialah teman-teman didalam perhimpunan  dan organisasi di sekolah maupun dikampus , dan akan begitu juga selanjutnya dilingkungan kerja dan bermasyarakat.

Sedikit cerita temu kangen ini belum semua Alumni Pramuka ikut dikarenakan ada kakak-kakak tingkat yang lagi diluar kota ataupun ada kegiatan yang belum bisa ditinggalkan. Walaupun hanya sedikit yang bisa ikut berkumpul akan tetapi tidak apa, karena rasa rindu sudah tebayarkan, dimalam itu kami cerita-cerita flashback ke masa ikut kegiatan-kegiatan nasional seperti Jambore Nasional X 2016 di Jakarta dan Kemah Budaya Nasional VII di Bangka Belitung, canda tawa dan rasa bangga muncul dimalam itu, temen temen mulai bernostalgia seperti kegiatan upacara pembukaan, konser, kegiatan outdoor hingga acara yang selalu ditunggu-tunggu para anggota pramuka yakni acara api unggun.

Refesensi:

https://www.sosiologi.info/2021/11/teori-david-mcclelland-dorongan-motivasi-kebutuhan-contohnya.html?m=1 ( Diakses, 18 Mei 2022, 08.45 WIB)

https://ilmumanajemenindustri.com/teori-kebutuhan-mcclelland-mcclellands-theory-of-needs/   ( Diakses, 18 Mei 2022, 09.16 WIB)

 

 

  

0 komentar:

Posting Komentar