23.5.22

SARJANA PSIKOLOGI? BISA GAK YA BERKARIR DI DEVISI CSR?

 


PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Semester Genap T.A 2021/2022

 Oleh :

Refiskha Salsa Billa (21310410095)

Kelas Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

Petrokimia Gersik, PT Petrokimia Gresik berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, melalui berbagai program CSR. Salah satu programnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di masyarakat dengan memberikan pendidikan. Konsistensi pemberian beasiswa Petrokimia Gresik menunjukkan komitmennya untuk menciptakan sumber daya manusia yang terbaik. Program bantuan beasiswa penuh ini akan membantu Anda melanjutkan pendidikan, baik di Kabupaten Gresik maupun di tempat lain. Beasiswa Petrokimia Gresik (BESTRO) diberikan kepada mahasiswa program sarjana sejak tahun 2012 dan kepada mahasiswa program SMA/SMK sejak tahun 2014.. Sejak tahun 2012, 106 mahasiswa S1 telah mendapatkan beasiswa dari sekolah kami, sementara 197 orang telah diberikan beasiswa dari sekolah saudara kami, SMK/SMA. BESTRO adalah program khusus yang dirancang khusus untuk siswa dari Kabupaten Gresik yang berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu.

Beasiswa tersebut merupakan salah satu program dari devisi CSR PT Petrokimia gersik. CSR merupakan istilah yang sering digunakan oleh karyawan di sekitar suatu perusahaan. CSR merupakan strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk berkontribusi kepada masyarakat. Pendirian perusahaan di suatu daerah berdampak kecil atau besar terhadap perekonomian di daerah tersebut. Lalu, apakah sarjana psikologi bisa bekerja dan berkarir di devisi tersebut?

Secara konseptual, CSR terdiri tiga prinsip yang kita kenal dengan istilah triple bottom lines atau 3P, yaitu (Suharto, 2007):

1. Profit. institusi yang memang bergerak di bidang ekonomi, perusahan mempunyai tanggung jawab terutama untuk menghasilkan keuntungan material yang memungkinkan perusahaan untuk terus beroperasi dan berkembang.

2. People. Perusahaan juga harus memiliki kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat.

3. Planet. Selain itu, perusahaan juga harus ikut peduli dengan isu lingkungan hidup dan keberlangsungan keragaman hayati.

Sarjana psikologi biasanya berkarier dalam lingkup kemanusiaan. Di mana ada manusia, di situ psikologi di butuhkan, jadi bisa saja sarjana psikologi menjadi seorang CSR di sebuah perusahaan. namun biasanya, sarjana psikologi dapat berkarir menjadi HR pada suatu perusahaan, atau menjadi consultant. Jangan khawatir untuk teman-teman yang mengambil jurusan psikologi, karena banyaak sekali prospek kerja jurusan psikologi yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berkarir.

 

Daftar Pustaka

KUSUMAWARDANI, D. (2008). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY: Studi Deskriptif Tentang Implementasi CSR PT. Petrokimia Gresik Dalam Upaya Pengembangan Masyarakat Disekitarnya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Amadea, C. T., & Dahesihsari, R. (2014). Tanggung jawab sosial perusahaan: Tinjauan dari sisi karyawan. Manasa-old, 3(1), 65-79.

0 komentar:

Posting Komentar